Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat

Rafi'i, Ahmad (2014) Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41782.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten. Penyelenggaraan pemerintahan hendaknya berorientasi pada fungsi pelayanan publik, yang di titik beratkan pada Pemerintah Kelurahan, sebagai salah satu ujung tombak pelayanan publik, terutama di sektor pelayanan administrasi kependudukan. Namun, selama ini pelayanan administrasi kependudukan mendapat citra yang kurang baik di mata masyarakat. Hal ini terlihat dari masih terdapatnya keluhan-keluhan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1) indikator kualitas pelayanan, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hasil penelitian ini, secara umum kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Kumai Hilir yang belum optimal disebabkan oleh beberapa indikator kualitas layanan yang belum berjalan dengan baik. Kondisi yang dikatakan termasuk dalam faktor-faktor pendukung peningkatan kualitas layanan, belum dapat dikatakan memberikan kepuasan sepenuhnya kepada masyarakat, karena masih terdapat juga beberapa kelemahan dan kendala yang menjadi faktor penghambat dalam pelayanan administrasi kependudukan yang harus terus dilakukan pembenahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41782.pdf
Uncontrolled Keywords: Public services, quality of service, population administration,Pelayanan publik, kualitas pelayanan, administrasi kependudukan
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304.6 Demography, Population (Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:54
Last Modified: 08 Aug 2016 06:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item