Lubis, Ali Sutan (2014) Pengaruh Profesionalisme dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Sibolga dengan Dimediasi oleh Komitmen Keorganisasian. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41690.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Salah satu dampak dari kinerja guru yang baik ialah mudahnya organisasi sekolah mencapai tujuan. Lemahnya kinerja guru akan berdampak pada rendahnya produktifitas organisasi. Sementara itu kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya profesionalisme, kepuasan kerja dan komitmen guru terhadap organisasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Profesionalisme secara langsung dan tidak langsung terhadap komitmen organisasi guru, 2) pengaruh Kepuasan kerja secara langsung dan tidak langsung terhadap komitmen organisasi guru, 3) pengaruh Profesionalisme dan Kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap Komitmen Organisasi Guru, 4) pengaruh Profesionalisme secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja guru, 5) pengaruh kepuasan kerja secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja guru, 6) pengaruh Profesionalisme dan Kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru, serta 7) pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian 52 guru. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel menggunakan metode sensus dimana semua guru dijadikan sebagai sampel penelitian, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 orang guru. Teknik analisis menggunakan path analisis untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung, serta diteruskan dengan menguji R Square dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan F. Dari pengujian path analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwasanya Profesionalisme (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) mempunyai pengaruh terhadap Komitmen Keorganisasian (Y) dan Kinerja (Z) guru baik secara langsung maupun tidak langsung. Dimana berdasarkan hasil uji t (parsial) dan uji F (Simultan) menunjukan bahwasanya Profesionalisme (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Komitmen Keorganisasian (Y) dan Kinerja (Z), begitu pula Komitmen Keorganisasian (Y) juga memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kinerja (Z). Hal ini menjelaskan bahwasanya apabila profesionalisme guru dapat ditingkatkan dan didukung dengan adanya kepuasan guru dalam bekerja maka akan mampu menciptakan komitmen organisasi yang baik, serta akan mampu meningkatkan kinerja guru dalam memberikan dedikasinya pada dunia pendidikan khususnya pada SMA Negeri 2 Kota Sibolga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 15/41690 |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme, Kepuasan Kerja, Komitmen Keorganisasian dan Kinerja, profesionalism, job satisfaction,organizational commitment and performance |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 04:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 08:18 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11 |
Actions (login required)
View Item |