Pengaruh Pendidikan, Pengalaman dan Pelatihan Aparat Pengawasan Terhadap Mutu Hasil Pemeriksaan Reguler Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Adnan, Yulizar (2011) Pengaruh Pendidikan, Pengalaman dan Pelatihan Aparat Pengawasan Terhadap Mutu Hasil Pemeriksaan Reguler Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40926.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh Pendidikan, Pengalaman dan Pelatihan terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler. Pengumpulan data dilakukan terhadap 31 responden yaitu auditor dilingkungan lnspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Data diolah menggunakan uji statistik untuk melihat variabel bebas terhadap variabeI tak bebas dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi, regresi dan regresi berganda. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pendidikan (X1) dengan mutu hasil pemeriksaan reguler (Y), berarti hipotesis yang diajukan terbukti atau dapat diterima. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengalaman Kerja (X2) dengan mutu hasil pemeriksaan reguler (Y), berarti hipotesis terbukti atau dapat diterima. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelatihan (X3) dengan mutu hasil pemeriksaan reguler (Y), berarti hipotesis yang diujikan terbukti dapat diterima. Hasil analisis regresi memperlihatkan secara bersama-sama adanya pengaruh yang signifikan antara Pendidikan (X1), Pengalaman (X2) dan Pelatihan (X3) terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler dan terdapat pengaruh faktor lain terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler. Hasil pengujian secara simultan ditunjukkan dengan persamaan regresi sebagai berikut: Y=28.143+352X1+266X2+759X3 dan R²=O,318. Secara parsial pengaruh Pendidikan Aparat Pengawasan menunjukkan hubungan yang positif (35,2%) berarti hipotesis yang diujikan terbukti atau diterima, pengaruh Pengalaman Kerja (X2) terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler (Y) menunjukkan hubungan yang positif (26,6%) berarti hipotesis yang diujikan terbukti atau diterima, pengaruh Pelatihan (X3) terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler menunjukkan hubungan yang positif (75,9%). Sebagai kesimpulan, penelitian menunjukkan mutu hasil pemeriksaan regular relatif baik. Secara bersama-sama Pendidikan, Pengalaman dan Pelatihan mempunyai hubungan yang positif dan signfikan terhadap mutu hasil pemeriksaan reguler. Disarankan kepada lnspektorat Provinsi untuk selalu meningkatkan pendidikan terhadap para auditor, ikut sertakan para auditor pada pemeriksaan-pemeriksaan khusus agar ditambah pengalaman dalam pemeriksaan serta diberikan kesempatan dalam mengikuti pendidikan yang relevan, menaikkan tarif insentif untuk para auditor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40926.pdf
Uncontrolled Keywords: education, experience, training, the quality of result of inspection, pendidikan, pengalaman, pelatihan, mutu hasil pemeriksaan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:46
Last Modified: 08 Aug 2016 08:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item