Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa

Sefalianti, Berta (2013) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41452.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui adamya perbedaaan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dari tes dan angket. Instrumen tes berupa soal uraian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis, sedangkan angket diberikan untuk mengetahui disposisi matematis. Kedua instrumen tersebut diberikan pada akhir pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Way Seputih tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak dan dikelompokan dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas konvensional. Siswa kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan siswa kelas control mendapatkan pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk melihat perbedaan dua rata-rata antara kedua sampel. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t (independent sampel tes). Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis baik pada semua tingkat kemampuan awal matematika maupun untuk keseluruhan kelompok, antara kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (sig. 0,000, α = 0,025). Pada diposisi matematis, tidak ada perbedaan disposisi matematis pada semua tingkat kemampuan awal matematika antara kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Namun ada perbedaan disposisi matematis pada keseluruhan kelompok antara kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (sig. 0,000, α = 0,025).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41452.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical communication ability, mathematical disposition, guided inquiry learning, kemampuan komunikasi matematis, disposisi matematis, pembelajaran inkuiri terbimbing
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:06
Last Modified: 09 Aug 2016 02:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item