Analisis Kualitas Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Utara (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun)

Simarmata, Hiskia (2012) Analisis Kualitas Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Utara (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40924.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. Pada umumnya kualitas pelayanan publik dalam pemerintahan di Indonesia pada umumnya masih belum seperti yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai keluhan masyarakat yang menimbulkan citra yang tidak baik terhadap pelayanan publik. Persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun masih perlu diketahui, apakah sama dengan yang selama ini dicitrakan oleh masyarakat. Karena itu perlu adanya kajian untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan dan pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan penerbitan sertipikat tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun. Dan juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan penerbitan sertipikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun. Sampel yang digunakan berdasarkan "accidental" yaitu masyarakat yang secara kebetulan mengurus surat penerbitan sertipikat tanah. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan "nilai rata-rata tertimbang". Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: persepsi masyarakat pengguna pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun sudah cukup memuaskan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik yakni dapat dikelompokkan berdasarkan: perilaku pegawai (dimana dapat dilihat dari perilaku yang melayani pengguna jasa), kenyamanan (ketertiban dan keteraturan penataan ruangan dan bagian-bagian berdasarkan ruang lingkup kerjanya masing-masing), sistem dan prosedur pelayanan (tidak berbelit-belit, transparansi biaya, dan bukti tanda terima), dan sarana dan prasarana pelayanan (peralatan kerja dan pendukung lainnya yang memadai termasuk penyediaan sarana teknologi telekomunikasi dan informatika).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40924.pdf
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 333.3 Private (Public) Ownership of Land (Penguasaan Tanah dan Sumber Daya Alam oleh Individu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:37
Last Modified: 09 Aug 2016 02:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item