Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat

Suena, I Ketut (2010) Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41212.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adanya berbagai keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan yang dilakukan oleh sebuah lembaga publik seperti Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat, menarik untuk dicermati sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peran serta pemberdayaan dari sumber daya yang ada untuk bisa mengemban misi pelayanan sebagai upaya untuk meningkatkan tingkat apresiasi dan kepeduliannya sehingga pada akhirnya terciptanya suatu keadaan dimana wajib pajak akan semakin patuh dengan kewajibannya. Maka dipandang perlu untuk melakukan sebuah penelitian mengenai tingkat kepuasan wajib pajak tentang pelayanan yang selama ini mereka nikmati. Tujuan lainnya adalah untuk menganalisis tentang faktor-faktor penentu yang menjadi indikator keberhasilan sebuah pelayanan yang merupakan keinginan sebagian besar dari masyarakat yang dilayani, dimana hal ini kemudian mendapatkan perioritas untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 wajib pajak sebagai responden yang melakukan kewajibannnya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat dengan cara memilih secara acak dari sejumlah wajib pajak yang secara demografi dapat mewakili keadaan secara umum dari seluruh wajib pajak yang ada di wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak Denpasar Barat. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagai populasi yang dikaitkan dengan teknik Analisis Faktor sebagai alat analisis. Variabel dari masing-masing faktor dapat memberikan gambaran secara lebih jelas dan terperinci mengenai hal-hal yang perlu mendapat perhatian lebih fokus untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Kualitas pelayanan yang perlu mendapat prioritas adalah ketulusan perhatian karyawan, pemahaman akan kebutuhan wajib pajak, hubungan yang harus dijalin dan kesopanan dari karyawan dalam melayani wajib pajak juga menjadi penentu keberhasilan dari sebuah bentuk pelayanan yang berkualitas. Secara umum seluruh faktor dapat menentukan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak dalam melakukan kewajiban perpajakannya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat tetapi ada hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk menjadi perioritas dalam penanganannya adalah antara lain kesiapan karyawan merespon dengan segera keinginan dan permohonan wajib pajak, kesopanan dalam melayani wajib pajak dan suasana yang benar-benar nyaman dan menyenangkan menjadi bagian yang tak boleh diabaikan untuk menyajikan sebuah pelayanan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41212.pdf
Uncontrolled Keywords: determining factors, quality service, tax payers, faktor-faktor penentu, kepuasan dan wajib pajak
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:59
Last Modified: 09 Aug 2016 03:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item