Hubungan antara Aspek-aspek Pendidikan dan Pelatihan Anggota DPRD dengan Unsur Kinerja Anggota DPRD (Studi pada Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah)

Hartono, Eduart (2009) Hubungan antara Aspek-aspek Pendidikan dan Pelatihan Anggota DPRD dengan Unsur Kinerja Anggota DPRD (Studi pada Anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40622.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Program Pendidikan dan Pelatihan untuk anggota DPRD dimaksudkan antara lain untuk mengurangi kesenjangan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki sekaligus untuk menyatukan fokus dan cakrawala berfikir anggota DPRD demi peningkatan kinerja. Dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan anggota DPRD terdapat tiga aspek yang diamati yakni aspek persiapan, aspek pelaksanaan dan aspek evaluasi terkait dengan kinerja anggota DPRD dibagi atas tiga domain pengamatan yaitu domain kognitif, domain psikomotorik dan domain affektif. Sedangkan masing-masing domain tersebut berisi tujuh sub domain atau aspek kinerja yaitu pengetahuan, tanggung jawab, kerjasama, inisiatif, kualitas pelayanan, kejujuran dan ketepatan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode survei dalam pengumpulan data dilakukan untuk menjawab empat hipotesis , yaitu : (1) ada hubungan yang signifikan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain kognitif dari pada aspek aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah (2). ada hubungan yang signifikan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain psikomotorik dari aspek aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah (3) ada hubungan yang signifikan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain affektif dari aspek aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah (4) ada hubungan yang signifikan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah dengan aspek-aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah secara keseluruhan. Populasi penelitian ini adalah 45 anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah periode 2004 sampai dengan 2009, obyek kegiatan yang diteliti adalah kinerja individual anggota DPRD sehubungan dengan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan anggota DPRD tahun anggaran 2007 . sampel yang diambil menggunakan dasar perhitungan tabel Krejcie dalam tabel Krejcie ukuran sampel didasarkan atas kesalahan 5%, dan tingkat kepercayaan 95 % (Sugiyono :2006). Berdasarkan tabel Krejcie tersebut dari populasi 45 orang anggota DPRD Lampung Tengah, apabila sampel diambil didasarkan atas kesalahan 5% maka jumlah sampel didalam penelitian ini adalah 40 orang. Hasil penelitian ini memberikan empat jawaban pokok : (1) hubungan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah (X) yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain kognitif(Y1) dari pada aspek aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah, secara keseluruhan bisa diterima atau signifikan , dimana thitung 2,364 > dari ttabel 1,68 (2) hubungan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain psikomotorik dari aspek aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah secara keseluruhan tidak bisa diterima atau ditolak dimana thitung 1,298< ttabel 1,68. (3) hubungan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang meliputi aspek perencanaan diklat, aspek pelaksanaan diklat dan aspek evaluasi diklat dengan domain affektif dari aspek-aspek kinerja anggota DPRD Kab.Lampung Tengah secara keseluruhan tidak bisa diterima, dimana thitung 1,096 < ttabel 1,68. (4) hubungan antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD Kab.Lampung Tengah yang terdiri dari aspek perencanaan X1, aspek pelaksanaan X2 dan aspek evaluasi X3 terhadap aspek-aspek kinerja anggota DPRD Kab. Lampung Tengah (Y) secara total bisa diterima dimana Koefisien korelasi rank spearman = 0,290* yang berarti berhubungan nyata. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan dua hal pertama bahwa ada hubungan yang signifkan dan nyata antara aspek-aspek pendidikan dan pelatihan anggota DPRD dengan aspek-aspek kinerja anggota DPRD, kedua program pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh anggota DPRD Kab.Lampung Tengah hanya berkorelasi kepada peningkatan kognitif akan tetapi belum memiliki korelasi nyata dan pengaruh terhadap aspek psikomotorik dan affektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 11/40622.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan pelatihan, kinerja, anggota DPRD, education and training, performance, member of DPRD
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 May 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 08:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item