Pengaruh Faktor-faktor Persepsi terhadap Sikap dan Minat Penggunaan Layanan Internet (Studi Kasus pada Nasabah Perusahaan Jasa Asuransi)

Kusdani, Dedi (2013) Pengaruh Faktor-faktor Persepsi terhadap Sikap dan Minat Penggunaan Layanan Internet (Studi Kasus pada Nasabah Perusahaan Jasa Asuransi). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41304.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor persepsi terhadap sikap dan minat konsumen dalam hal ini nasabah asuransi untuk menggunakan layanan internet asuransi. Teknologi internet yang makin berkembang baik penggunaannya dan jumlah penggunanya di Indonesia yaitu 55 juta orang pada tahun 2012, memberikan peluang bisnis yang baik. Pada industri jasa keuangan maka industri asuransi masih bam pada tahapan awal dalam menyediakan jasa layanan produk-produk asuransi. Dengan adanya perbedaan karakteristik dari transaksi jasa layanan menggunakan media internet dibandingkan layanan transaksi langsung, merupakan suatu hal yang penting bagi pihak perusahaan jasa asuransi untuk lebih memahami hal-hal apa yang dapat mempengaruhi konsumen mereka dalam menentukan keputusan menggunakan jasa layanan transaksi internet. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor-faktor persepsi pada benak konsumen yaitu kepercayaan, kegunaan dan kemudahan penggunaan terhadap sikap dan minat pada penggunaan layanan transaksi internet jasa asuransi. Analisa pengaruh dari faktor-faktor persepsi kepercayaan, kegunaan dan kemudahan penggunaan dilakukan terhadap konsumen jasa asuransi yang menjadi responden pada penelitian ini dengan mengisi lembar pertanyaan yang diberikan secara langsung kepada nasabah asuransi di Jakarta dan sekitamya. Metode yang digunakan untuk menganalisa pengolahan data adalah dengan SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan perangkat lunak LISREL 8.70. Penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh dari faktor-faktor persepsi kepercayaan, kegunaan dan kemudahan penggunaan terhadap sikap nasabah yang kemudian mempengaruhi minat untuk menggunakan layanan internet asuransi. Juga ditemukan bahwa tidak adanya pengaruh dari faktor persepsi kepercayaan terhadap minat nasabah untuk menggunakan layanan transaksi internet asuransi. Penelitian ini dapat memberikan implikasi penting bagi perusahaan industri jasa asuransi, dimana perlu adanya suatu strategi komunikasi yang sesuai dengan persepsi yang ada pada benak konsumen jasa asuransi dengan lebih fokus meningkatkan sikap positif terhadap penggunaan layanan internet, serta memanfaatkan fungsi interaktifitas dari penggunaan teknologi internet ini, sehingga proses adopsi penggunaan jasa layanan internet asuransi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41304.pdf
Uncontrolled Keywords: trust, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, intention to use, technology acceptance model, actual use, internet insurance services, layanan internet asuransi
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Social Welfare, Problems and Services (Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368 Insurance (Asuransi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:55
Last Modified: 11 Jan 2019 06:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item