Pasaribu, Ahmad Saufi (2014) Pengaruh Pengawasan Terhadap Perilaku Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41688.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan lembaga Pemerintahan yang memiliki tugas pokok melaksanakan kewenangan di bidang administrasi kependudukan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Secara umum Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan organisasi yang berfungsi untuk melayani masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya akhlr-akhir ini kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya pada pelyanan cenderung kurang memuaskan, hal ini diindentifikasi oleh kurang pengawasan serta perilaku aparatur dalam melaksanakan tugas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui Pengaruh Pengawasan terhadap Kualitas pelayanan, 2) mengetahui Perilaku Aparatur terhadap Kualitas pelayanan administrasi, serta 3) Untuk mengetahui pengaruh Pengawasan dan Perilaku Aparatur secara bersama-sama terhadap Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pengawasan Terhadap Perilaku Aparatur dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk mengetahui tujuan tersebut peneliti menggunakan metode survey, dengan mengambil 133 sampel dan kuesioner sebagai alat yang digunakan dalam pengumpulan data utama serta menggunakan analisis jalur. Dalam pengolahan data menggunakan alat bantu aplikasi statistik SPSS versi 20.0 for Windows. Dari pengujian path analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwasanya Pengawasan {Xt) dan Perilaku (X2) aparatur mempunyai pengaruh terhadap Kualitas Layanan (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung. Dimana berdasarkan hasil uji t (parsial) dan uji F (Simultan) menunjukan bahwasanya pengawasan (X1) dan perilaku (X2) aparatur memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kualitas layanan. Hal ini menjelaskan bahwasanya jika pengawasan dilaksanakan dengan baik, maka pegawai akan memiliki perilaku yang baik pula, sehingga akan memberikan efek langsung berupa kualitas layanan yang baik pula dalam melayani masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 15/41688 |
Uncontrolled Keywords: | Survellience,behavior and Quality of service, Pengawasan,Perilaku dan kualitas Layanan |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:45 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 08:59 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/13 |
Actions (login required)
View Item |