Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Koran Posmetro Batam (Studi Pada Harian Posmetro Wilayah Pemasaran Kota Batam)

Santoso, Teguh Iman (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Koran Posmetro Batam (Studi Pada Harian Posmetro Wilayah Pemasaran Kota Batam). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40467.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO di Kota Batam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif explanatory survey dan dilakukan untuk menjawab lima hipotesis utama (1) variable produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO (2) variable harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO (3) variable distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO (4) variable promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO (5) variable bauran pemasaran yang terdiri dari bauran produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO. Subyek penelitian adalah pembaca Koran POSMETRO yang tersebar di 5 zona pemasaran di Kota Batam. Sampel penelitian dibagi dengan cara Stratified Random Sampling. Diperoleh sebanyak 600 sampel dari 12.000 pelanggan eceran dan langganan Koran POSMETRO. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan Analisis Jalur. Hasil analisis menunjukkan nilai Fhit sebesar 245.08291, sedangkan nilai F₀,₀₅ adalah sebesar 2,387, sehingga Fhit> F₀,₀₅, berarti H₀ ditolak (signifikan). Hal ini menunjukkan bahwa variable produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0.622. yang berarti bahwa variasi keputusan pembelian dipengaruhi oleh produk (X₁), harga (X₂), distribusi (X₃) dan promosi (X₄) sebesar 62,2%. Sedangkan sisanya sebesar 37.8% ditentukan oleh variable lainnya. Secara parsial variable produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Koran POSMETRO. Besarnya pengaruh buaran pemasaran secara berurutan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah produk sebesar 23,24%, harga sebesar 4,41%, promosi sebesar 2,75% dan distribusi sebesar 0,70%. Persamaan jalur yang diperoleh Y = 0.483X₁ – 0.209X₂ + 0.083X₃ – 0.165X₄ + 0.615£₁

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40467
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, keputusan pembelian, pemasaran Koran
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.82 Sales Promotion (Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 10 Aug 2016 09:21
Last Modified: 10 Aug 2016 09:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item