Analisis Kinerja RSUD kota Tanjungpinang

Batjo, Siswan Manto (2013) Analisis Kinerja RSUD kota Tanjungpinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41084.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang:Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang merupakan satu satunya rumah sakit yang menjadi pusat rujukan di Pulau Bintan sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi, tuntutan masyarakat akan peningkatan mutu pelayanan semakin deras. Sementara sistem pengelolaan rumah sakit terutama pengelolaan keuangan masih sangat birokratik dan dalam pelaksanaannya kaku dan menghambat operasional pelayanan yang berdampak pada rendahnya mutu pelayanan rumah sakit. Dengan keadaan tersebut rumah sakit sulit untuk berkembang dan meningkatkan kemampuan dalam memberi pelayanan, untuk itu perlu dilakukan analisis terhadap kinerja RSUD guna lebih meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan: Menganalisis kinerja RSUD Kota Tanjungpinang. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah kajian studi kasus tunggal, dengan unit penelitian bagian keuangan, administrasi, pelayanan, SDM dan Sarana dan prasarana RSUD Kota Tanjungpinang. Subyek penelitian pejabat struktural dan fungsional RSUD Kota Tanjungpinang, stakeholder eksternal yaitu pejabat Pemda dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang. Hasil Penelitian:Dari hasil analisis kinerja RSUD Kota Tanjungpinang yang terdiri dari Pelayanan, SDM, Keuangan, Administrasi dan Sarana dan prasarana cukup baik terlihat dari semua pelayanan dapat berjalan dengan baik dan selalu meningkat. Kinerja keuangan RSUD Kota Tanjungpinang dilihat dari pencapaian realisasi anggaran menunjukan tren meningkat setiap tahun demikian halnya pendapatan dan kemampuan membiayai operasional pelayanan dapat digolongkan sehat. Kesimpulan dan Saran: Secara umum kinerja dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang sudah baik untuk meningkatkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan, terlihat dari ditemukannya factor yang mendukung dan menghambat kinerja RSUD. Sehingga diharapkan kepada pihak manajemen untuk melakukan peningkatan kinerja pelayanan, keuangan dan administrasi serta kepada pemerintah daerah agar lebih memberikan perhatian kepada operasional RSUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41084.pdf
Uncontrolled Keywords: Performances, Departments of Research, Finance, Administration, Human Resource, and Logistics, RSUD, Kinerja, pelayanan, Administrasi, keuangan, sarana dan prasarana, SDM, RSUD
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:27
Last Modified: 11 Aug 2016 04:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item