Pengaruh Penerapan Strategi Learning Start with Question Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun 2012

Abdurrahman, (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Learning Start with Question Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun 2012. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41713.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika ada bermacam-macam strategi yang dapat dikembangkan. Tujuan utamanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang matematika. Oleh karena itu, guru yang mempunyai tugas utama sebagai pengelola proses pembelajaran, tidaklah cukup ditunjang oleh penguasaan materi saja, melainkan harus memiliki kemampuan dasar yang memadai, yaitu kemampuan dalam strategi pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi learning start with question ditinjau dari tingkat kemampuan kognitif terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu dengan jenis design hanya post test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik simple random sampling. Jumlah populasi 366 siswa yang terdiri dari 9 kelas yaitu kelas X-1 sampai dengan kelas X-9 dan yang terambil sebagai sampel adalah sebanyak 84 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk tes kemampuan awal dan pengelompokan tingkat kemampuan kognitif siswa. Sedangkan tes digunakan untuk uji prasyarat parametrik yaitu uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dua sampel independen dan Uji Anova Satu Jalur dengan taraf signifikansi 5%. Adapun kriteria pengujiannya adalah terima H 0jika : thitung < ttabel dan tolak H 0 jika yang lain. Teknik perhitungan uji t tersebut dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis hasil penelitian maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan strategi learning start with question dengan yang diajar tanpa strategi learning start with question melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan hasil perhitungan uji t dua sampel independen pada tabel 4.4. menunjukkan thitung = 4,675 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,993. Jadi thitung > t,tabel ; Ho ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan strategi learning start with question dengan yang diajar tanpa strategi learning start with question melalui pembelajaran kooperatif tipe STA, sedangkan ditinjau dari tingkat kemampuan kognitif siswa, ada perbedaan yang signifikan kognitif tinggi dan kognitif rendah baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dengan hasil perhitungan Uji Anova Satu jalur pada tabel4.5 dan Tabel 4.6. menunjukkan Fhitung = 14,811 dan Fhitung = 7,997 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 4,08 dan ftabel = 4, 07. Jadi Fhitung > ftabel ; Ho ditolak dan H1diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41713.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi learning start with question, kemampuan kognitif dan hasil belajar siswa, learning start with question strategies, cognitive skills and student learning outcomes.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:51
Last Modified: 21 Sep 2018 01:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item