Yardiansyah, (2011) Peran Kepemimpinan Camat Sebagai Perangkat Daerah dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Bangka Tengah (Studi Kasus di Kecamatan Pangkalan Baru). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40697.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Implementasi kebijakan otonomi daerah yang bam yaitu Undang-undang 32 Taboo 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, telah mendorong terjadinya perubahan secara struktural. fungsional maupun kultural dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Salah satu perubahan yang sangat esensial menyangkut kedudukan tugas pokok fungsi dan peran pemerintah kecamatan. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan camat sebagai perangkat daerah dalam pelayanan publik di Kecamatan Pangkalan Baru. Peran kepemimpinan camat dapat dilihat dari kepemimpinan, efektivitas dan kemampuan menyesuaikan diri. Sedangkan variabel yang mempengaruhinya penulis melihat melalui faktor kemampuan aparat. kualitas layanan dan kepuasan kerja. Agar dapat digambarkan dengan lengkap tentang objek yang diteliti, penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data bersifat internal adalah pejabat strukturat dan stat pelaksana pada kantor Camat Pangkalan Ban. Sementara itu sebagai sumber data eksternal adalah masyarakat yang kebetulan berurusan pada kantor Camat PangkaJan Baru yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling aksidential. Hasil pengamatan penelitian di lapangan. bahwa peran kepemimpinan camat masih rendah. Rendahnya peran kepemimpinan camat dalam pelayanan umum dilibat dari tingkat kepemimpinan dan kemampuan menyesuaikan diri. $edangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peran camat antara lain kemampuan aparat, kualitas layanan dan kepuasan kerja dapat dikatakan masih rendah, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa peran interpersonal, infonnasional dan decisional yang diperankan oleh Camat Pangkalan Baru masih rendah, sehingga berpengaruh langsung pada proses pengambilan keputusan dalam upaya meningkatkan kemampuan organisasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yang pada akhimya memberi dampak pada pelayanan yang diberikan kcpada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40697.pdf |
Uncontrolled Keywords: | leadership, effectiveness, self-adjusting capability, capability district officials, quality of service, job satisfaction, kepemimpinan, efektivitas, kemampuan menyesuaikan diri, kemampuan aparat kecamatan, kualitas layanan, kepuasan kerja |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 06:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1623 |
Actions (login required)
View Item |