Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan ABP (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Konsultan)

Pranadi, Bramantya Bhakti (2013) Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan ABP (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Konsultan). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41077.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi perusahaan dengan mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal yang dimiliki, menganalisa faktor-faktor apa saja yang menjadi sasaran strategi dan key performance indicators dalam rancangan kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, menetapkan target dan inisiatif strategi untuk mencapai sasaran strategi dengan menggunakan empat perspektif yang terdapat pada Balanced Scorecard dan merancang roadmap Balanced Scorecard perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh, termasuk data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui diskusi dan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan dokumen perusahaan ABP. Analisis dilakukan untuk menjelaskan visi, misi, dan tujuan strategis ke dalam perspektif Balanced Scorecard. Perusahaan harus memutuskan strategi dengan memperhatikan pada analisis eksternal dan internal. Penentuan prioritas inisiatif strategi dalam Balanced Scorecard berdasarkan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan menggunakan sofware expert choice versi 11, diperoleh bahwa peningkatan kualitas pelayanan dalam perspektif pelanggan menjadi prioritas utama menurut pengambil keputusan di perusahaan ABP. Sebagai kesimpulan, berkaitan dengan perancangan Balanced Scorecard, diperoleh suatu rancangan roadmap perusahaan dengan menetapkan visi perusahaan, keyakinan dasar, nilai-nilai dasar, tujuan strategi serta tema strategi yang kemudian diterjemahkan ke dalam empat perspektif (perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran & pertumbuhan organisasi). Setiap perspektif terdiri dari empat komponen utama yaitu penetapan sasaran strategi, pemilihan ukuran-ukuran kinerja yang berkaitan langsung dengan sasaran strategi, penetapan target kinerja dan penetapan program-program peningkatan kinerja (inisiatif strategi).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41077
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi, peta strategi, management strategy, strategy map,balanced scorecard, analytic hierarchy process, roadmap.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 May 2016 08:26
Last Modified: 04 Jun 2020 04:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item