Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Publik (Studi Evaluasi Kinerja Pelayanan e-KTP di Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat)

Setiawan, Robby (2013) Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Publik (Studi Evaluasi Kinerja Pelayanan e-KTP di Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41387.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penerapan KTP Elektronik atau e-KTP sesungguhnya sejak awal mengalami banyak kendala, disamping karena merupakan inovasi baru Pemerintah Pusat dan sifatnya top down, sehingga tidak serta merta dapat diimplementasikan dengan cepat, tepat dan akurat. Terlebih kondisi geografis setiap Kabupaten/Kota cukup mempengaruhi efektifitas dan efiensi penyelenggaraan penerapan KTP Elektronik ini. Permasalahan-permasalahan tersebut di atas yang mendasari untuk mengetahui lebih dalam kinerja aparatur di tingkat Kecamatan dalam memberikan pelayanan terhadap publik khususnya pada pelayanan e-KTP di Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat. Hasil penelitian ini secara umum kinerja aparatur dalam pelaksanaan pelayanan e- KTP di Kecamatan Pangkalan Lada dapat dikatakan Baik. Pelaksanaan telah mengikuti dasar hukum serta petunjuk pelaksanaan program e-KTP dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal ini terlihat juga dari angka pencapaian target penyelesaian e-KTP sampai dengan akhir tahun 2012 hampir terpenuhi seratus persen jika tidak terjadi kerusakan pada perangkat peralatan perekaman e-KTP di Kecamatan Pangkalan Lada. Selain itu berdasarkan penuturan masyarakat yang pernah menerima pelayanan pengurusan e-KTP di Kecamatan Pangkalan Lada menyatakan pelayanan yang diterima sudah baik. Tingkat kedisplinan aparatur Kecamatan ini juga dapat dikatakan sudah baik,. Para petugas telah mampu menguasai penggunaan perangkat peralatan perekaman e-KTP dengan baik serta kemampuan berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. Kondisi yang dikatakan Baik tersebut belum dapat dikatakan memberikan kepuasan kepada masyarakat, karena masih terdapat beberapa kelemahan dan kendala internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41387.pdf
Uncontrolled Keywords: erformance, Public Service, the e-ID card, Kinerja, Pelayanan Publik, e-KTP.
Subjects: 900 Geography and History > 920-929 Biography and Genealogy (Biografi dan Silsilah) > 929.9 Forms of Identifications (Bentuk-bentuk Identifikasi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 19 Aug 2016 08:48
Last Modified: 19 Aug 2016 08:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item