Redhani, Rully (2011) Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Kepala Lingkungan Dalam Pelayanan Publik (Studi kasus di Kelurahan Parit Padang, Kabupaten Bangka). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40548.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tesis ini berjudul Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Kepala Lingkungan Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus di Keluraban Parit Padang Kabupaten Bangka). Penelitian ini bertujuan untuk memahami permasalahan bagaimana posisi kepala lingkungan dalam struktur pemerintahan di Kabupaten Bangka, peran dan tugas kepala lingkungan serta bagaimana persepsi masyarakat terhadap kinerja kepala lingkungan. Persepsi masyarakat terhadap kinerja kepala lingkungan diukur dengan menggunakan dimensi responsivitas, transparansi, kepastian dan keadilan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat dengan uji survey dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner kepada masyarakat untuk ditabulasikan dan selanjutnya digunakan program SPSS untuk mengkonklusikan persepsi masyarakat tersebut. Pengumpulan data juga dilakukan dengan menggunalcan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data-data terkait dengan jawaban permasalahan peran kepala lingkungan serta posisinya dalam struktur kepemerintahan di Kabupaten Bangka. Dalam penelitian ini, data tersebut akan dianalisis secara analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala lingkungan memiliki peran strategis dalam struktur pemerintahan di Kabupaten Bangka karena kepala lingkungan berada pada posisi yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat yang paling hawah dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Kepala lingkungan berada dibawah struktur satuan kerja keluraban dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya untuk membimtu lurab dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Persepsi masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik dari dimensi responsivitas menunjukkan pelayanan oleh kepala Iingkungan masih terdapat permasalahan dengan tingkat persentase yang beragam oleh masyarakat baik dalam melaksanakan pelayanan publik. Hal ini juga terjadi dalam dimensi keadilan bahwa masih terdapat pelayanan publik yang diskriminatif yang ditunjukkan oleh kepaIa lingkungan terkait dengan pelayanan yang diberikan. Dalam rangka memberikan kepastian dalam pelayanan publik juga menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh kepala lingkungan masih terdapat ketidakpastian dalam aspek waktu, biaya serta mekanisme prosedural yang ditetapkan. Dimensi transparansi juga menunjukkan masih terdapat dengan tingkat persentase yang relatif signifikan bahwa kepala lingkungan belum melaksanakan prinsip-prinsip pelayanan publik secara transparan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40548.pdf |
Uncontrolled Keywords: | persepsi pelayanan publik, kinerja kepala lingkungan, the public perceptions to performance of head district in public service (case study in parit padang village, bangka regency) |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 09:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 09:32 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1706 |
Actions (login required)
View Item |