Pengaruh Penerapan Strategi Survey Questions Read Recite Review (SQ3R) dengan Rolling Cognitive pada Hasil Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro

Juhardi, (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Survey Questions Read Recite Review (SQ3R) dengan Rolling Cognitive pada Hasil Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41711.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Survey Questions Read Recite (SQ3R) dengan Rolling Cognitive terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro pada pokok bahasan statistik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian True Eksperimental dengan desain post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro. Kelas eksperimen adalah siswa kelas IX.3 yang diberikan perlakukan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive dan kelas kontrol adalah siswa kelas IX.4 yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan pada masing-masing kelas sesudah perlakuan (post-test). Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) pada saat pemberian post-test diperoleb rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 72,50 dan berada pada kategori tinggi berdasarkan distribusi frekuensi dan persentase skor sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 64,00, dan berada pada kategori sedang berdasarkan distribusi frekuensi dan persentase skor. (ii) terdapat perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari basil penjelasan di atas, dapat disimpulkan babwa penerapan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive berpengaruh terhadap basil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bontotiro ditandai dengan perbedaan rata-rata hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi SQ3R dengan Rolling Cognitive lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41711.pdf
Uncontrolled Keywords: strategi SQ3R, rolling cognitive, hasil belajar, model pembelajaran konvensional, SQ3R strategy, rolling cognitive, result of learning, model of conventional study.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:17
Last Modified: 22 Aug 2016 07:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item