Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ST AD Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Bar1ten)

Siswanto, Retno (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ST AD Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Bar1ten). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41554.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan penalaran dan koneksi matematis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sebuah SMA Negeri di Kabupaten Lebak, dengan sampel terdiri dari tiga kelas. Dua kelas ekperimen yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra (E l) dan kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelajaran tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra (E2). Sedangkan kelas pembanding atau kelas kontrol yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran trigonometri dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dan kemampuan koneksi matematis, bentuk essay dan format observasi. Data berupa hasil tes yaitu hasil pretes dan pastes dianalisis secara kuantitati£ sementara itu data berupa hasil observasi dianalisis secara kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran maternatis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan sofirmre Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra, (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, ( 4) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra, (5) tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, dan (6) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41554.pdf
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Kemampuan Penalaran Maternatis, Kemampuan Koneksi Matematis, Software Geogebra, STAD Cooperative Learning Model, Mathematical Reasoning Ability, Mathematical Connections Capabilities, Software GeoGebra.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 May 2016 09:25
Last Modified: 13 May 2016 09:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item