Komunikasi Pelaksanaan Program Paket B Di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Agustini, Rosalita (2013) Komunikasi Pelaksanaan Program Paket B Di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Masters thesis, Universitas Padjadjaran.

[img]
Preview
Text
41030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perjalanan kehidupan suatu bangsa mengalami lika-liku yang beraneka ragam, bahkan perjalanan tersebut terkadang menghadapi suatu hal yang sulit diduga serta belum pernah dikenali sebelumnya. Sehingga hal-hal baru yang datangnya sulit dikenali sebelumnya dan sulit dikenali yang membutuhkan upaya baru dalam hal komunikasinya. Permasalahan pemerataan pendidikan muncul karena dalam undang-undang dasar 1945 telah mengamanatkan bahwa semua warga negara berhak mendapatkan pengajaran/pendidikan. Amanat dasar dari bunyi undang-undang dasar 1945 tersebut telah memaksa kepada pemerintah untuk dapat menyediakan layanan pendidikan seluas-luasnya kepada semua warga negara dengan tanpa adanya diskriminasi. Secara umum dapat dikemukakan bahwa setiap penelitian mempunyai tujuan dan target-target tertentu yang hendak dicapai baik oleh para penelitinya sendiri maupun oleh lembaga pemerintah/swasta. Adapun tujuan dalam peelitian ini adalah menganalisis mengenai komunikasi pelaksanaan program paket B di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan (verstehen), Sedangkan yang dimaksud penelitian kualitatif menurut Sugiyono (dalam Pasolog, 2012) adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, sebagai lawannya adalah eksperimen, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci tekhnik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) analisa data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekanakan makna daripada generalisasi. Beberapa PKBM komunikasi berjalan belum efektif hal ini terjadi karena komunikasi yang belum efektif antara dinas pendidikan bagian tengah terutama bagian pendidikan non formal dengan para pengelola serta stap upt di beberapa kecamatan aspek komunikasi akan efektif apabila aspek Langsung, tegas, ramah dan bersahabat, kejelasan, ketepatan, konteks, alur, dan budaya. Robin (dalam Lestari. 2003 : 78).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 14/41030.pdf
Uncontrolled Keywords: komunikasi efektif, pusat kegiatan belajar mengajar, undang-undang dasar 1945, effective communication, teaching and learning centers, constitution 1945.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 May 2016 08:59
Last Modified: 05 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item