Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Profesionalitas Guru SD Negeri di Sibolga Selatan

Yunun, Ahmad (2014) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Profesionalitas Guru SD Negeri di Sibolga Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41975.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Sibolga Selatan didukung dan dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal maupun faktor internal siswa. Faktor tersebut diantara adalah faktor Kepemimpinan Kepala Sekolah, Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Profesinalitas Guru di SD Negeri Sibolga Selatan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, 2) Menganalisis pengaruh Profesionalitas guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, 3) Menganalisis pengaruh Kepemimpinan dan Profesionalitas guru secara bersama-sama terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, dan 4) Menganalisis pengaruh Kepemimpinan melalui Profesionalitas Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif, data terkumpul melalui angket diolah melibatkan perhitungan statistik secara manual dengan mempergunakan rumus korelasi Sperman Rank, hasil pengelolaan data selanjutnya disimpulkan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Setelah diolah hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini seluruhnya diterima dan didukung oleh data empirik sehingga dapat disimpulkan. Dari pengujian path analisis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwasanya Kepemimpinan mempunyai pengaruh terhadap Profesionallitas Kinerja guru baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Profesionalitas. Dimana berdasarkan hasil uji t (parsial) dan uji F (Simultan) menunjukan bahwasanya Kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Profesionalitas guru dan Kinerja Guru. Hal ini menjelaskan bahwasanya Kepemimpinan Sekolah yang baik dan didukung oleh profesionalitas guru yang baik mempunyai pengaruh positif dalam rangka meningkatkan kinerja guru serta dampaknya terhadap peningkatan kerja guru di SD Negeri Sibolga Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41975.pdf
Uncontrolled Keywords: Leadership, Professionalism and Performance,Kepemimpinan, Profesionalitas dan Kinerja
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Jun 2016 03:46
Last Modified: 02 Jun 2016 03:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item