Penyampaian Sekuen Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Retensi Belajar IPA

Suroyo, (2011) Penyampaian Sekuen Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Retensi Belajar IPA. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.

[img]
Preview
Text
fmipa201142.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengembangan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), sekuen penyampaian materi merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan mencakup sekuen informasi yang disajikan. Makalah ini merupakan kajian hasil penelitian pada disertasi doktor di Universitas Negeri Jakarta 2011 tentang pengaruh penyajian sekuen pembelajaran terhadap retensi belajar IPA. Eksperimen dilakukan terhadap sampel acak sebanyak 156 siswa kelas VIII dari 5 SMP Negeri di 4 Kabupaten di Daerah Istimewa Jogjakarta tahun 2002 yang diberikan perlakuan penyajian PBK sekuen linear dan bercabang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata (Fhitung=4,891*>Ftabel 0,05(1,154) =3,90) retensi belajar kelompok siswa yang menggunakan sekuen linear lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan sekuen bercabang. Berdasarkan kecenderungan pengembangan PBK mengarah ke sekuen bercabang, temuan ini merupakan fakta yang perlu dikaji lebih mendalam untuk mengungkap faktor gaya belajar yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain dan mengembangkan PBK di bidang IPA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): FMIPA201142.pdf
Uncontrolled Keywords: : Pembelajaran berbantuan komputer, sekuen pembelajaran linear, sekuen pembelajaran bercabang, retensi belajar IPA, gaya belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) > 508.4-508.9 Natural History in The Modern World (Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam di Dunia Modern)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FMIPA-UT 2011
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:48
Last Modified: 23 Aug 2019 06:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item