Pendidikan Karakter dan Implementasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Setiawan, Denny (2010) Pendidikan Karakter dan Implementasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
fkip201010.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (47kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dipercaya dapat mencegah merosotnya nilai-nilai moral dan etika pada generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini karena pada usia dini, anak masih dapat dibentuk dan diarahkan sesuai dengan keinginan kita. Terdapat berbagai cara untuk mengimplementasikan pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini yaitu melalui penciptaan lingkungan yang penuh dengan kasih sayang, memperkenalkan pentingnya cinta, melalui metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bercerita, pengurangan kegiatan yang mengembangkan kognitif dan diganti dengan kegiatan yang mengembangkan afektif, serta pemanfaatan permainan tradisional. Sementara itu terdapat beberapa lembaga pendidikan anak usia dini yang telah menerapkan pendidikan karakter ini, diantaranya adalah TK Pancabudi, Medan; Lembaga PAUD Holistik, Bogor; dan TK Al Furqon, Jakarta. Ketiganya menggunakan metode yang berbeda-beda dalam mengimplementasi-kan pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fkip201010.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Implementasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 150.7 Education of Psychology (Pendidikan Psikologi)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru II
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:53
Last Modified: 29 Oct 2016 09:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item