Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Terpencil Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo

Wajidi, Evta (2015) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Terpencil Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41769.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis seberapa besar pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Daerah Terpencil di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bongo, 2) Menganalisis seberapa besar pengaruh Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Daerah Terpencil di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bun go, 3) Menganalisis seberapa besar pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Daerah Terpencil di Kabupaten Bungo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar di kecamatan pelepat kabupaten bungo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 sekolah dasar di kecamatan pelepat kabupaten bungo sebanyak 77 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Daerah Terpencil di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo nilai ihitung 2.790 sedang ttabet 1,994 (df = 73 - 3) dan taraf signifikansi 0,007. Karena nilai thitung lebih besar dari ltabet dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 9,4 %. Terdapat pengaruh yang signifikan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Daerah Terpencil di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bun go nilai thitung 2.121 dan ttabet 1,994 dan taraf signifikansi 0,037. Karena nilai thitung lebih besar dari ltabet dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 5, 7 %. Terdapat pengaruh yang signifikan Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Daerah Terpencil di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo nilai sigFhitung 0,022 lebih kecil dari 0,05 sebesar 9,8 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41769.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Teacher Competence and Infrastructure, Hasil Belajar, Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:34
Last Modified: 02 Sep 2016 03:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item