Seprahandriyani, Netti (2015) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41773.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo, strategi peningkatan kualitas pelayanan PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo, dan Hambatan dalam strategi peningkatan kualitas pelayanan PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Sumber data dengan menggunakan data dokumentasi, maupun hasil wawancara dengan pegawai PDAM Pancuran Telago dan Masyarakat sebagai pelanggan. Analisis dilakukan dengan mengedepankan kemampuan mendeskripsikan analisis atas temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan PDAM Pancuran Telago masih belum optimal sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ada sehingga perlu ditingkatkan terutama dalam hal kuantitas air, kualitas air, dan pelayanan pengaduan. Strategi yang dilakukan oleh PDAM Pancuran Telago Untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah melalui pendekatan fungsional yang dilakukan dengan pendekatan finansial, meningkatkan komitmen pelayanan, pemasaran, penelitian, pengembangan, dan operasi serta sistem informasi. Sedangkan hambatan-hambatan dalam strategi peningkatan kualitas pelayanan adalah meliputi sistem distribusi air yang kurang dari 24 jam, rendahnya harga jual air, lemahnya pengawasan kepada debitur yang mer..unggak pembayaran, dan water meter yang sering tidak berfungsi. Untuk itu, saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah PDAM Pancuran Telago perlu kapasitas sumber daya manusianya agar dapat menyelenggarakan pelayanan yang akurat kepada pelanggan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan, PDAM Pancuran Telago perlu lebih intensif dalam menerapkan strategi-strategi pelayanan, dan PDAM Pancuran Telago Perlu lebih intensif dalam mengidentifikasi faktor internal dan ekstemal yang menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41773.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Strategi, PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo, Service Quality, Strategy, PDAM Pancuran Telago Kabupaten Bungo. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 08:24 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:24 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2653 |
Actions (login required)
View Item |