Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa dengan Model Pembelajaran Arias pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Susilawati, (2015) Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa dengan Model Pembelajaran Arias pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41904.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kemampuan representasi matematis dan tingkat self esteem siswa yang memperoleh model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data kemampuan representasi matematis menggunakan skor gain dan N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test dan Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada kelas konvensional sebesar 0,68 dan berdasarkan skor gain diperoleh kenaikan skor rata-rata representasi matematis siswa sebesar 66,45%. Pada kelas ARIAS diperoleh skor N-gain rata-rata kemampuan representasi matematis sebesar 0, 77 dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 69,31%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa ARIAS lebih efektif digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran. Pada aspek kognitif, untuk kelas ARIAS persentase rata-rata nilai siswanya yang mencapai KKM sebesar 94,44%, lebih tinggi daripada kelas konvensional yang mencapai 89,47%. Pada aspek psikomotor, persentase rata-rata nilai siswa yang mencapai KKM sebesar 100% baik pada kelas konvensional maupun ARIAS. Pada aspek self esteem, untuk kelas ARIAS persentase rata-rata nilai siswa yang mencapai kategori memuaskan dan sangat baik sebesar 94,44% atau lebih tinggi daripada kelas Konvensional yang mencapai 91,44%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41904.pdf
Uncontrolled Keywords: pembelajaran ARIAS, Kemampuan Representasi Afatematis, Self Esteem, ARIES learning method, matehmatical representation ability, self esteem.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Sep 2016 07:45
Last Modified: 15 Sep 2016 07:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item