Peranan Pembimbingan Pemantapan Kemampuan Mengajar dari Teman Sejawat pada Mahasiswa Akta Mengajar

Narzet, Yuliani and Teguh, (2005) Peranan Pembimbingan Pemantapan Kemampuan Mengajar dari Teman Sejawat pada Mahasiswa Akta Mengajar. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81417.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil pengamata11 10 RP yang dlsusun, didiskusikan, direvis~ dan dipraktikkan mahilsiswa dengan bimbingan teman sejawat serta dinilai oleh supervisor yang akan mengikuti ujian pra1.iik. Ada beberapa kernungkinan yang tczjadi yaitu: 1) mahasiswa mcnyusun, mendiskusikan, merevis~ dan mempraktikkan RP sesuai dengan pelunjuk UT, 2) mahasiswa telah melakukan penyusunan 8 RP dengan bimbingan untuk satu at.1u dua RP scua, 3) mahasiswa mcnyusun drut mcmpraktikkan 10 RP tanpa bimbingan ternan ~ejawat. Mahasiswa menyusun 8 RP dan mt:mpraktikannya sendiri serlil membuat tanggal pada format rekomendasi. Ternan sejawat hanya memberikan paraf saja. Hal .ini dilakukcm mungkin karena para ternan sejawat beranggapan bahwa mahasiswa tersebut adalah guru pada sekolah itu, 4) mahasiswa terselmt tidak rnengajar pada sekolah itu, dia hanya rnenumpang mengajarkan untuk 10 RP itu saja dan format rekornendasi dan observasi dibuat dan ditanclatangani olch ternan sejawat dan Kepala Seko1ah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Melihat bimbingan ternan sejawat dalam menunuskan tujuan inst.Juksional khusus/tujuan pembelajaran khusus, 2) ~t1e lih at bimbingan ternan sejawat dalam memberikan bimbingan untuk mcliha! keterkaitan antara materi dan TIK, 3) Melihat bimbingan teman sejawat memberikan bimbingan dalam menentukan media dan sumbcr belajar, 4) l'vlclihat bimbingan ternan sejawat memberikan bimbingan dalarn menentukan jeni!l/aJat evaluasi, 5) Melihat bimbingan ternan sejawat memberikan bimbingan l ~.,;ntang keadaan anak didi.k/siswa, 6) Melihat bimbingan temru1 sejawat m~.;mb~t-ikan bimbingan kepada mahasiswa dalam mencrapkan delapan keterampilan dasar mengajar, dan 7) Melihat bimbingan ternan sejawat mengada1.an di~ku ... i.'m.tsuhan setiap kali mahasiswa telah mempraktikkan RP. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Sumalen1 Selatan dengan popula c;I dan sampel adalah ternan sejawat yang membimbing mahasiswa program ,Jh.L.l mengajar yang meregist.rasi dan melakukan ujian praktik matakuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar di UPBJJ Palernbang pada masa registrasi 2004.2. 1vh.:todc penarikan sampel adalah metode sensus. Adapun sam pel terse but adJlah sebJn) ak 68 orang ternan sejawat. Data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dilakukan pcncalawn tentang bimbingan apa yang diberikan kepada para mahasiswa yang dilakuk.m ternan sejawat berkait.an dengan penyusunan dan mcmpntldl\kbn RP y.mg !;.:lah dibuat oleh para mahasiswa. Dari analisis diperoleh kcsimpulan bahwa sebagian bcsar ll:m.m s\..ja\, ,,! memberika.n bimbingan kepada mahasiswa dalam hal 1) m~nmHIShan tujt-.t.1 instruksional khusus/tujuan pembelajaran, 2) keterkailan antara maleri dan Tl 3) pemilihan media dan sumber belajar yang akan digunakan, .J) nH:nentuk.o~l jenis/alat evaluas~ 5) keadaan :mak didik/siswa, 6) llk'th:r:~pl-.:111 dd.tp.m keterampilan dasar mengajar, dan 7) men gada kan diskusi /mn~ll k an :-:e1tnp h a !i mahasiswa tebh memprakti1.an Rr.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 06/81417
Uncontrolled Keywords: PEMBIMBING; MAHASISWA AKTA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:06
Last Modified: 27 Feb 2019 04:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item