Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bulukumba

Salam, Abdul (2013) Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bulukumba. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42124.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental yang bertujuan untuk: (I) mengetahui bagaimana peningkatan basil belajar matematika siswa pada aspek kognitif, (2) mengetabui bagaimana peningkatan basil belajar matematika siswa pada aspek fektif, (3) mengetabui apakab terjadi peningkatan basil belajar matematika siswa pada aspek kognitif, (4) mengetabui apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa pada aspek afektif, sesudah siswa diajar dengan penerapan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer. Populasi dalam penelitian ini adalab siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bulukumba. Sebagai sampel diambil satu kelas sebanyak 24 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar matematika di tinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif setelah menerapkan model active learning tipe giving question and getting answer pada pembelajaran Matematika siswa kelas VIII. I SMP Negeri 18 Bulukumbatabun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan tes basil belajar matematika dalam bentuk multiple choise dan kuesioner skala sikap. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pihak kanan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata basil belajar matematika siswa pada aspek kognitif kelas kelas VIII SMP Negeri 18 Bulukumba setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer sebesar 73,63 dan standar deviasi sebesar 8,28. Hasil analisis inferensial menunjukkan babwa basil belajar matematka siswa pada aspek kognitif setelah menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer lebib besar dibandingkan dengan sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer pada taraf nyata a = 0,05. Sedangkan basil belajar matematika siswa pada aspek afektif kelas kelas VIII SMP Negeri 18 Bulukumba setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer sebesar 111,88 dan standar deviasi sebesar 7,99. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa basil belajar matematika siswa pada aspek afektif setelab menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer lebih besar dibandingkan dengan sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe giving question and getting answer pada taraf nyata a = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42124.pdf
Uncontrolled Keywords: Matematika, Model Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer, hasil belajar, siswa SMP, Mathematics, Active Learning Model Type Getting Giving Question and Answer, learning outcomes, junior high school students.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:35
Last Modified: 22 Jun 2016 06:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item