Peningkatan Peran dan Fungsi UPBJJ dalam Pelayanan Akademik dengan Penyelenggaraan Tutorial Tatap Muka di UPBJJ - UT Surabaya

Prastiti, Tri Dyah (2002) Peningkatan Peran dan Fungsi UPBJJ dalam Pelayanan Akademik dengan Penyelenggaraan Tutorial Tatap Muka di UPBJJ - UT Surabaya. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81164.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap kegiatan tutorial tatap muka yang dilaksanakan secara intensif oleh UPBJJ-UT Surabaya, sebagai upaya peningkatan peran dan fungsi UPBJJ dalam melabanakan pelayanan akademik. Falctor-faktor yang tcridentiflkasi adalah pemanfaatan waktu bclajar, kemampuan penalaran secara formal, dan sikap atau respon-respon ( attitudinal responses) scrta penilaian mahasiswa tcrhadap kegiatan tutorial tatap muka di UPBJJ –UT Surabaya Penelitian ini bennanfaat untuk: (1) Sebagai masulcan yang bcrharga bagi UT khususnya UPBJJ Surabaya sebagai upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi UPBJJ dalam melaksanabn pelayanan akademik dalam bentuk tutorial tatap muka; (2) Apabila dalam penelitian ini diperoleh perbedaan yang signifikan dari respon-respon sikap (attitudinal responses ) scrta penilaian mahasiswa tcrhadap kegiatan tutorial, maka falctor-faldor ini bisa dipakai sebagai pertimbangan dalam perencanaan tutorial tatap muka selanjutnya; (3) Hasil penelitian ini akan melengkapi kcpustakaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan respon-respon si.kap (attitudinal ruponses) ICrta penilaian mahasiswa tcrhadap kemampuan tutor dan pengelolaan tutorial dalam tutorial tatap muka sebagai upaya meninglc.atkan peran dan fungsi UPBJJ dalam melaksanakan pelayanan akademik. Pendekatan yang dipakai adalah pendckatan kuantitatif, dan pengujian hipotesisnya adalah menguji hipotuis komparatif. Tekni.k statistilc yang digunabn adalah Analisis Varian Satu Jalur (one way Anova) untuk mengetahui ada atau tidaknya petbcdaan antara kategori dari masing-masing variabel yaitu: (1) variabcl sikap terhadap kegiatan tutorial tatap muka antara m.ahasiswa yang mempunyai walctu bclajar scdikit, waktu belajar cukup, dan dengan mahasiswa yang mempunyai waktu belajar banyak; (2) variabel si.kap terhadap kegiatan tutorial tatap muka antara mahasiswa yang mempunyai kemampuan penalaran formal cukup, mempunyai kemampuan penalaran fonnal culrup, dan mabasiswa yang mempunyai kcmampuan penalaran fonnal tinggi. Penelitian ini menyimpulkan: ( I) Terdapat perbedaan yang signifikan sikap mahasiswa terhadap kegiatan tutorial tatap muka di UPBJJ - UT Surabaya antara mahasiswa yang rnempunyai waktu belajar sedik:it, mahasiswa yang mempunyai waktu belajar cukup, dan dengan mahasiswa yang mempunyai waktu belajar banyak~ (2) Terdapat perbedaan yang signifikan sikap mahasiswa terhadap kegiatan tutorial tatap muka di UPBJJ-UT Surabaya, antara mahasiswa yang mempunyai kemampuan penalaran formal rendah, mahasiswa yang mempunyai kemampuan penalaran formal cukup, dan mahasiswa yang mempunyai kemampuan penalaran formal tinggi; (3) Respon-respon sikap (attitudinal responses) mahasiswa terhadap kegiatan tutorial tatap muka adalah sebagai berikut. a) Untuk penilaian terhadap kemampuan tutor, penilaian mahasiswa terhadap kemampuan tutor dalam hal sistematika penyampaian materi, penguasaan materi, me1y•etaskan materi, memotiva<;i, dis iplin waktu, bersikap posifif, kesesuaian materi. relevansi pemberian tugas, dan kuafitas penyampaian bahan ajar adalah baik. b) Untuk penilaian mahasiswa terhadap pengelolaan tutorial, penilaian terhadap perencanaan penentuan mala kuliah yang ditutorkan, penilaian terhadap informasi kepada mahasi.\wa tentang matakuliah yang akan ditutorkan. penilaian terhadap rekrotmen mahasiswa/ peserta tutorial, penilaian terhadap rekrutmen dan penyiapan tutor, penilaian terhadap penentuan tempat dan frekwensi tutorial, penilaian terhadap pelayanan pengelolaan, penjlaian terhadap fasilitas tutorial, penilaian terhadap penentuan jadwal tutorial, penilaian terhadap biaya tutorial, dan penilaian terbadap pencapaian tujuan tutorial adalah baik Saran yang diajukan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Sejalan dengan Rencana Operasional (Renop) UT 2001~2005 dalam fokus kualitas akademik serta dalam rangka meningkatkan fungsi dan peran UPBJJ dalam pelayanan akademik, maka disarankan setiap UPBJJ melaksanakan tutorial tatap muka, terutama bagi matakuliah yang peminatnya banyak .~ (2) Sejalan dengan itu. maka profesionalitas tutor merupakan prioritas dengan mengacu pada ramburambu yang telah ditetapk:an oleh UT Pusat: (3) Dipandang perlu untuk menginformasikan lebih awal tentang jadwal tutorial tatap muka yang akan dilaksanakan agar mahasiswa yang rnembutuhkan betul-betul dapat memanfaatkan layanan akademik yang diberikan oleh UPBJJ; (4) Perlu diterapkan pengelolaan tutorial yang betul-betul sistematis dan professional (terencana, terorganisasi, terpantau, dan terevaluasi) demi kenyamanan dan kelancaran mahasiswa dalarn mengik'Uti tutorial tatap muka~ (S) Pemberian layanan akademik dalam bentuk tutorial tatap muka, hendaknya tetap memberikan penekanan pada mahasiswa untuk tetap mandiri dalam pengambilan keputusan pada proses belajamya (leaner- centered).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 02/81164
Uncontrolled Keywords: peran dan fungsi UPBJJ, pelayanan akademik, tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:03
Last Modified: 18 Oct 2016 02:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item