Studi Evaluasi Materi Mata Kuliah Statistika Dasar (PAMA3326) pada Buku Materi Pokok (BMP) PAMA3226 bagi Program Studi S1-PGSD (Studi Kasus UPBJJ-UT Bandung)

Erisyani, Erin and Thaib, Dina (2004) Studi Evaluasi Materi Mata Kuliah Statistika Dasar (PAMA3326) pada Buku Materi Pokok (BMP) PAMA3226 bagi Program Studi S1-PGSD (Studi Kasus UPBJJ-UT Bandung). Project Report. Universitas Terbuka, Bandung.

[img]
Preview
Text
81265.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan evaluasi kelayakan materi Buku Materi Pokok (BMP) PAMA3226 bagi program studi S-1 PGSD, ditinjau dari kesesuainya terhadap tujuan program studi S-1 PGSD; kesamaan kisi-kisi soal antara program studi S-1 PGSD dan Pendidikan Matematika (0-III); keterwakilannya dalam soal VAS2002.2; hasil VAS 2002.2 dan pendapat mahasiswa mengenai BMP tersebut. Sampel adalah mahasiswa S-1 PGSD yang meregistrasi matakuliah PA1vrA3226 pada 2002.2. Instrumen checklist digunakan untuk mengetahui kesesuaian cakupan materi BMP PAMA3226 terhadap tujuan program studi serta keterwakilannya pada VAS 2002.2. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap BMP PAMA3226, digunakan kuesioner pada BMP matakuliah S-1 PGSD. Data diana! isis dengan metode analisis isi. Vji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil VAS PAMA3226 bagi mahasiswa S-1 PGSD dibandingkan dengan mahasiswa D-III Pendidikan Matematika, serta dua matakuliah lainnya yang juga ditutorialkan. Penelitian menghasilkan bahwa cakupan materi pada BMP P AMA3226 sesuai dengan kesluruhan tujuan program studi S-1 PGSD; tidak sesuai jika berkaitan dengan tugas pokok dan administrasi pengajaran. Kisi-kisi soal pada indikator keterwakilan modul dalam soal VAS2002.2 menghasilkan nilai rata-rata sangat terwakili. Basil belajar mahasiswa S-1 PGSD untuk matakuliah PAMA3226 lebih tinggi dari mahasiswa Pendidikan Matematika (0-III) dan lebih rendah dari PGSD4401 dan PGSD4406 yang juga ditutorialkan. Lebih dari separoh responden setuju bahwa penampilan BMP menarik, penyajian materi sistematik, ilustrasi gambar dan contoh latihan membantu. Namun seluruh responden menyatakan isi materi terlalu Iuas dan sulit dimengerti Penelitian menyimpulkan bahwa BMP PAMA3226 sangat layak bagi mahasiswa S-1 PGSD ditinjau dari keterwakilan dalam soal dan nilai VAS2002.2, layakjika ditinjau dari tujuan program studi, penampilam, sistematika penyajian materi dan contoh latihan, dan kurang Ia yak jika ditinjau dari tugas guru SO, luasnya materi serta kesulitan dalam rnernaharnirnateri. Saran yang disampaikan, agar rnodul 7,8 dan 9 pada BMP PAMA3226 dijadikan suplemen dan tidak diikut sertakan dalarn evaluasi hasil belajar. Untuk mempertahankan SKS, dilakukan pengembangan rnatei rnodul I sarnpai dengan rnodul6 sesuai tugas guru SD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 05/81265
Uncontrolled Keywords: evaluasi BMP, statistika dasar pgsd
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:27
Last Modified: 01 Oct 2018 01:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item