Dina, Thaib and Erisyani, Erin and Yusmantara, Uus and Rosnenty, Raja (2004) Evaluasi Tutorial Wajib Program Studi S1-PGSD Masa Registrasi 2003.2 di UPBJJ-UT Bandung. Project Report. Universitas Terbuka, Bandung.
|
Text
81266.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan tutorial wajib Program Studi (PS) S-1 PGSD di UPBJJ-UT Bandung masa. registrasi 2003.2 ditinjau dari unsur mahasiswa, tutor dan pengelola. Sampel adalah mahasiswa S-1 PGSD proyek dan swadana yang meregistrasi pada 2003.2 (semester I, II dan IV) dari tujuh Kabupaten/Kota yang ditentukan secara bertingkat (stratified sampling). Instrumen yang digunakan adalah kuesioner bagi mahasiswa dan tutor untuk mengetahui persepsi mereka terhadap Buku Materi Pokck (BMP), mahasiswa dan tutor. Instrumen checklist digunakan untuk mengetahui kelengkapan dan kesesuaian Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Matriks Aktivitas Tutorial (MAT) dengan Agenda Kelas kegiatan tutorial; serta Rancangan Evaluasi (RE) dengan naskah soal Tugas Akademik (TA). Untuk mengetahui apakah nilai T A yang diberikan oleh tutor telah mengukur kemampuan penguasaan mateti matakuliah oleh mahasiswa diuji dengan menentukan proporsi nilai TA terhadap nilai Ujian Akhir Semester (UAS) mumi. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui kebennanfaatan tutotial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian menghasilkan kinerja tutor rendah jika ditinjau dari dokumen tutorial yang hams dilengkapi dan tinggi jika ditinjau dari persepsi mahasiswa dan tingkat kehadiran dalrun kegiatan tutoriaL Kesuaian RAT -MAT dan agenda kelas tertinggi dicapai oleh tutor pada Kota Cimahi dan tcrendah dicapai oleh tutor Bandung, keduanya untuk semester IV. Kelengkapan dan kesesuaian Rancangan Evaluasi (RE) dengan naskah soal T A, tertinggi dicapai oleh tutor Kabupaten Subang (semester I), Kota Bekasi, Kabupaten Karawang dan Garut (semester II) dan terendah dicapai oleh tutor Kabupaten Garut (semester I) dan Kabupaten Majalengka (semester IV). Sebagian besar mahasiswa dan tutor setuju bahwa penampilan BMP menarik, penyajian materi sistematik, ilustrasi gambar dan contoh membantu. Namun sebagian besar mahasiswa dan tutor berpendapat bahwa kesalahan ketik perlu diperbaiki dan ilustrasi gambar perlu di sempumakan. Proporsi nilai T A terhadap nilai UAS mumi menunjukkan hasil pada rentang cukup proporsional, proporsional dan sangat proporsional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai . UAS mumi untuk matakuliah yang ditutorialkan dan yang tidak, berbeda secara signifikan. Penelitian menyimpulkan bahwa gambaran pelaksanaan tutorial S-l PGSD 2003.2 diperoleh, nilai T A yang dibetikan tutor kepada mahasiswa telah dapat mengukur kemampuan penguasaan materi matakuliah oleh mahasiswa, tutorial bennanfaat terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian menyaraukan untuk memperbaiki sistem administarsi dokumen tutorial di UPBJJ-UT Bandung, mempertahankan kegiatan evaluasi pelaksanaar1 tutorial yang telah dilakukan oleh UPBJJ-UT Bandung secara rutin, menyediakan fasilita~ pendukung tutorial yang diperlukan,danjuga mengusulkan perbaikan pada BMP baik dari sisi materi, contoh-contoh, soal tes maupun judul BMP
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 05/81266 |
Uncontrolled Keywords: | evaluasi tutorial |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 04:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 01:50 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3054 |
Actions (login required)
View Item |