Peningkatan Pelayanan Umum di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah

Selamaddin, (2014) Peningkatan Pelayanan Umum di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42091.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik, orientasi pada kekuasaan yang amat kuat selama ini telah membuat birokrasi menjadi semakin jauh dari misinya untuk memberikan pelayanan publik. Birokrasi dan pejabatnya lebih menempatkan dirinya sebagai penguasa daripada sebagai pelayan masyarakat. artinya suatu bentuk pelayanan yang efektif menjadi suatu kebutuhan yang dapat mendatangkan keuntungan ganda. Keuntungan bagi masyarakat yang menerima pelayanan, juga keuntungan bagi aparat yang memberikan pelayanan. Peran pemerintah yang strategis, akan banyak ditopang oleh kemampuan aparat pemerintah melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satu tantangan besar yang dihadapi pemerintah adalah kemampuan mclaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien, karena selama ini aparat pemcrintah identik dengan kine1ja yang berbelit-belit, penuh dengan KKN serta tidak ada standar yang pasti, ini merupakan pegalaman peneliti sendiri dalam peroses pembuatan KTP. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pelaksanaan dan Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Pelakasanaan Pelayanan KTP, KK dan Akta Kelahiran Di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kantor kccamatan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pelayanan khususnya menyangkut pelayanan adminstarasi Pcngurusan KTP, KK, dan AKTA Kelahiran dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Lut Tav,:ar Kabupaten Aceh Tcngah. Berdasarkan basil penclitian diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan Umum di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah setelah dibentuk menjadi Kecamatan Lut Tawar kualitas pelayanan yang diberikan berada masyarakat pada kategori baik. Penelitian ini diukur dengan menggunakan I 0 indikator. Kesepuluh indikator tersebut adalah kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi pelayanan, keamanan, tanggung jawab,kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan, kcjujuran petugas, dan kenyamanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42091.pdf
Uncontrolled Keywords: public service,Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:10
Last Modified: 27 Jun 2016 04:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item