Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Arlian, Ujang (2015) Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41919.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri perbankan terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Sejarah telah mencatat bahwa kemajuan industri perbankan terjadi setelah masa paket deregulasi. Dampak setelah masa paket deregulasi yaitu bertambah banyaknya bank swasta di Indonesia. Baik bank swasta maupun bank BUMN/BUMD berlomba-lomba untuk menarik nasabah. Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah berubah nama menjadi nama provinsi di Indonesia juga berupaya dengan menerapkan berbagai strategi untuk mengajak masyarakat melakukan simpanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah perbankan yang terdapat di Kabupaten Lebong. Metode analisis yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Menggunakan 4 (em pat) kriteria seperti fasilitas,produk, pelayanan, dan keamanan sebagai pembanding diantara kedua bank tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria fasilitas merupakan faktor utama didalam menentukan tingkat kepuasan nasabah. Kemudian disusul kriteria keamanan diposisi kedua sedangkan diposisi ketiga dan keempat ialah kriteria produk dan pelayanan. Angka bobot prioritas untuk kriteria fasilitas sebesar 0,383 dan kriteria keamanan sebesar 0,303. Selanjutnya untuk kriteria produk dan pelayanan dengan angka bobot prioritas sebesar 0,168 dan 0, 146. Pada tingkat alternatif diantara kedua bank terse but, BRI Cabang Muara Aman menduduki peringkat pertama dengan angka bobot prioritas sebesar 0,778 dan posisi terakhir yaitu Bank Bengkulu Cabang Muara Aman dengan angka bobot prioritas sebesar 0,222.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41919.pdf
Uncontrolled Keywords: kepuasan nasabah, perbankan, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks (Bank, Perbankan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:47
Last Modified: 30 Jun 2016 04:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item