Pengelolaan Program Penyetaraan Diploma III PGSLTP

Hasmonel, (1999) Pengelolaan Program Penyetaraan Diploma III PGSLTP. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Pengelolaan Program Penyetaraan Dill Guru SLTP (Studi Kasus di UPBJJ Bengkulu). Populasi penelitian ada 2 (dua) jenis yaitu unsur pengelola dan mahasiswa sebagai unsur yang dikelola. Data yang berasal dari pengelola pengumpulannya dilakukan cara sensus sedangkan data yang berasal dari mahasiswa dilakukan dengan teknik sampel wilayah (area probability sampling). Data diperoleh melalui , wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan: 1. Proses rekruitmen mahasiswa Program Penyetaraan Diploma Ill PGSL TP di UPBJJ Bengkulu dilakukan sesuai panduan seleksi calon mahasiswa. 2. Ditemukan adanya indikasi: a. Pelaksanaan rekruitmen tutor didominasi oleh Kantor Wilayah Depdikbud. b. Tutor (inti) yang direkruit disiplin ilmunya tidak sesuai dengan mata kuliah yang diasuh, bahkan tutor tersebut ada yang berstatus tenaga administratif. 3. Registrasi mahasiswa Program Penyetaraan Diploma Ill PGSLTP di UPBJJ Bengkulu dilakukan sesuai dengan panduan registrasi, bahkan pengelola memandu pengisian formulir registrasi pertama secara kolektif di tempat mahasiswa itu berada. Kegiatan ini ternyata berdampak positif, sebab kesalahan pengisian formulir bisa dipantau dan ditekan sekecil mungkin. 4. Terdapat indikasi: a. dalam pengelolaan tutorial, praktikum, dan PPL peran Kanwil Depdikbud terlalu dominan. b. UPBJJ tidak mempunyai kemampuan tawar menawar (bargaining position) yang seimbang dengan Kanwil Depdikbud. c. Proses tutorial berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan yang disebabkan oleh adanya tutor yang tidak menguasai materi mata kuliah dan model tutorial. 5. Pengelolaan ujian dilaksanakan sesuai dengan panduan evaluasi dan ujian. 6. Terdapat indikasi pelaksanaan supervisi hanya bersifat administratif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 00/81010
Uncontrolled Keywords: penyetaraan diploma, pgsltp
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Oct 2016 03:45
Last Modified: 18 Jul 2018 02:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item