Persepsi Pegawai Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu)

Prasetiyo, Budi (2014) Persepsi Pegawai Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42056.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang, permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi pegawai terhadap pendidikan dan pelatihan serta dampaknya terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu. Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang mempunyai tugas sangat penting dalam perencanaan dan pembangunan daerah di Kabupaten Kapuas Hulu. Bappeda adalah badan yang bertugas untuk membantu Kepala Daerah dalam menyelenggarakan sebagian tugas umum pemerintahan dan pembangunan di bidang perencanaan pembangunan serta penilaian atas pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung persepsi yang mencakup :situasi dan perseptor terhadap pendidikan dan pelatihan serta pengaruh total efek persepsi, pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah bentuk metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian diambil menggunakan metode sensus, bcsarnya sampel yang ditetapkan adalah 40 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah varia bel Persepsi (X) yang meliputi X1 Situasi dan X2 Persepstor. Variabel Pendidikan dan Pelatihan (Y 1) serta Variabel Kineria (Y2). Analisis hipotesis dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis) dcngan bantuan program SPSS 16.0. Bcrdasarkan uji secara parsial untuk pcrsamacm cmalisis jalur pertama bahwa variabel perseptor (X2) bcrpengaruh tcrhadap pcndidikan dan pelatihan (Y1). sedangkan varia bel situasi (X 1) dinyatakan tidak bcrpcngaruh terhadap pendidikan dan pclatihan (Y 1 ). Berdasarkan hasil uji signifikansi untuk persamaan analisis jalur kedua dengan menggunakan rcgresi linier bcrganda yaitu pcngaruh variabel ('{ 1) yang mcmpengaruhi kinerja pcga\vai (Y2) Badan Pcrencanaan dan Pcmbangunan Kabupaten Kapuas tlulu berpengaruh positif dan signitikan tcrhadap kinerja. Penelitian ini mcndukung pcnelitian Murty dan Faiza yang mclakukan penelitian tcntang pengaruh persepsi dan sikap tcrhadap pelatihan di sektor publik India. Hasil penclitiannya menunjukkan bahwa persepsi merupakan faktor yang mcmpcngaruhi basil pendidikan dan pclatihan serta bcrdampak pada pcngembangan kcmampuan karyawan yang scmakin prodiuktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42056.pdf
Uncontrolled Keywords: Perception, Education and Training, Performance, Pcrscpsi, Pcndidikan dan Pclatihan, Kinerja
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:31
Last Modified: 13 Jul 2016 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item