Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Nduga

Saluz, Laurensius (2015) Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Nduga. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41752.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Nduga; dan (2) Mengetahui dan Menganalisis sejauhmanakah peran factor intemal dan ekstemal dalam mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Nciuga. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, melalui pedoman wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara mendalam mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Parasuramail, Zeithmal dan Berry. terdapat lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu: kehandalan, ketanggapan, empati,jaminan, dan tampilan fisik. Model yang digunakan sebagai bahan analisis adalah konsep teori untuk menyatakan temuan atau fakta empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Nduga belum optimal dan terwujud sesuai yang diharapkan oleh pengguna jasa layanan, tem1asuk kehandalan, ketanggapan. empati. jaminan, dan tampilan fisik di dalam pelayanan kesehatan yang pada umumnya ditanggapi oleh pengguna jasa layanan masih kurang optimal dan belum sesuai harapan. Selanjutnya peranan factor intemal dan ekstemal dalam mempengaruh kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Nduga, antara lain: (1) Faktor intemal, meliputi: pelaksanaan manajemen, sarana dan prasarana, tenaga medis, sumber keuangan, Psiko-sosial antara tenaga medis dengan penduduk. dan (2) Faktor ekstemaL meliputi: kondisi geografis, Keadaan ekonomi penduduk, Kondisi Pendidikan Penduduk, Dinas Kesehatan setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41752.pdf
Uncontrolled Keywords: reliability, responsiveness, empathy, assurance, physical appearance, and quality of health services, kehandalan, ketanggapan, empati, jaminan, tampilan fisik, dan kualitas pelayanan kesehatan.
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:39
Last Modified: 19 Jul 2016 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item