Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada SD Negeri 51 Ambon

Wattimena, Santhy C. (2014) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada SD Negeri 51 Ambon. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42095.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pe ndidikan. Kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, merupakan faktor utama dalam pencapaian tujuan pengajaran. Kepala sekolah sebagai pimpinan harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan m endelegasikan tugas. Hal lain yang me mpengaruhi kinerja guru adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada di sekitar pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas yang dibebankan Penelitian ini termasuk penelitian Ex-Post Facto yaitu penyelidikan secara empiris, dan peneliti tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung, karena perwujudan variabel tersebut pada dasarnya tidak ada manipulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di 50 Negeri 51 Ambon yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan LingkunganKerja terhadap kinerja guru. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja guru sebesar 51,9%, dimana sisanya sebesar 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa gaya ke pemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri 51 Ambon. Oleh karena itu disarankan kepada SD Negeri 51 Ambon. Kabupaten Bungo mempertahankan kinerja guru dengan memperhatikan gaya kepemimpinan kepala sekolahnya dan lingkungan kerjanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42095.pdf
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja dan kinerja guru, principal's leadership style, working environment and teacher's performance.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:14
Last Modified: 27 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item