Analisis Kompetensi Guru Bersertifikasi Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Flores Timur

Rahaju, Sri Ardi (2014) Analisis Kompetensi Guru Bersertifikasi Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Flores Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42096.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kompetensi guru bersertiflkasi pendidik sebagaimana tennuat dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Ada empat Kompetensi guru yang harus dimiliki oleh setiap guru profesional yaitu : (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Kepribadian, (3) Kompetensi Sosial, dan (5) Kompetensi Profesional. Keempat kompetensi ini harus ada pada setiap guru yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Fakta yang mengidentifikasi belum optimalnya kinerja guru bersertikasi di Kabupaten Flores Timur seperti; (1) kebanyakan guru tidak memiliki koleksi buku untuk referensi mengajar, ada beberapa guru yang memperoleh tambahan bahan mengajar dari internet, (2) belum semua guru memiliki laptop dan modem sebagai peralatan mengajar, dan sarana untuk mengakses internet, (3) siswa dan guru belum memanfaatkan teknologi komunikasi dengan baik, (4) lulusan sekolah menengah atas yang belum menggembirakan, (5) guru belumltidak pernah membuat penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk menganalisis kompetensi guru bersertifikat pendidik di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Flores Timur, (2) untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat peningkatan kompetensi guru bersertiflkasi pendidik pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Flores Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei diskriptif, yaitu penelitian dengan cara mengajukan pertanyaan kepada orang-orang atau subyek dan merekam jawaban tersebut dan kemudian dianalisis secara kritis. Pendekatan penelitian, menggunakan pendekatan kualitatif berupa data basil wawancara, kuiseoner, obsevasi dan data dokumen. Penentuan infonnan dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan secara acak (desproposional cluster random sampling). Data-data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara diskriptif. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa : Guru bersertiflkasi pendidik di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Flores Timur mempunyai kompetensi yang cukup baik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Dari keempat kompetensi menunjukkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada skor yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Keempat kompetensi ini akan berpengaruh juga terhadap mutu pendidikan di Kabupaten Flores Timur, dengan meningkatnya prosentase kelulusan siswa SMA/SMK dari tahun ke tahun, faktor keberhasilan pelaksaanaan proses pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor yaitu; guru, siswa, sarana, dan a1at atau media yang tersedia, serta faktor lingkungan. Faktor-faktor tersebut apabila sudah terpenuhi dengan baik akan menjadi faktor pendukung program peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Flores Timur. Hal-hal yang dapat direkomendasikan dari basil penelitian ini, kompetensi guru harus benar-benar mengacu pada dimensi kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional, untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di sekolah. Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Flores Timur, guru-guru yang sudah bersertifikasi pendidik maupun calon penerima sertifikasi diharuskan mengikuti seminar, workshop, diklat, bimtek, MGMP, Iomba penulisan ilmiah, penelitian, dan sebagainya yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Semua bentuk pembinaan dan pembimbingan guru tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dan berimplikasi pada peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42096.pdf
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Sertifikasi Guru, Kompetensi Guru, Pendidikan, sekolah menengah atas, Competence, teacher certification, teacher competence, education, senior high school.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:13
Last Modified: 01 Aug 2016 07:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item