Pemilihan Butir Soal Pada Rancangan Tes Adaptif Berdasarkan Efficiency Balanced Information

Santoso, Agus (2014) Pemilihan Butir Soal Pada Rancangan Tes Adaptif Berdasarkan Efficiency Balanced Information. In: Seminar Nasional Matematika dan Statistika, 27-28 Februari 2014, Universitas Tanjung Pontianak.

[img]
Preview
Text
2014-dn-004.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pemilihan butir soal yang popular dalam raneangan tcs adaptif adalah mctodc lnformasi Maksimum. Melalui metode ini, butir soal yang memiliki informasi maksimum pacta tingkat kemampuan tertcntu akan dipilih dan diberikan kcpada peserta tcs. Namun kclemahan dari metode ini adalah kurang akurat dalam mcngcstimasi tingkat kcmampuan peserta pacta awal tes dan lebih memilih butir dengan tingkal daya beda yang tinggi schingga kebermanthatan bank soal kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pcrforma hasil estimasi dari penerapan metode Ejficiency Balanced lnformarion (F.BI) pacta rancangan tes adaptit: Penelitian ini dilakukan me!alui studi simulasi dalam setting penyelenggaraan ujian akhir semester Universitas Tcrbuka. Bank soal untuk keperluan simulasi dibangkitkan berdasarkan model flem Response Theory 3 parameter. Scbanyak 900 butir soal Jalam bank soal bangkitan dengan spesitikasi parameter hutir yang ideal. Dua kriteria pemilihan butir soal yang disimulasikan yaitu lnformasi Maksimum dan EBI Maksimum juga rancang agar memenuhi kcscimbangan isl. Hal ini agar menjamin bahwa algoritma yang dihasilkan sesuai dengan pembclajaran moduler yang diterapkan UT, artinya ketenvakilan butir soal setiap modul secara proporsional dan sesuai kisi-kisi terpenuhi. AtUI•an pcmbcrhentian tes menggunakan kesalahan baku estimasi (standard error of estimation= SEE) sebesar 0,3. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa algoritma rancangan tes adaptif dengan kritcria EBI mcnghasilkan performa hasil estimasi kemampuan peserta yang lebih akurat dibandingkan kriteria Jnformasi Maksimum. Hal ini ditunjukkan olch nilai bias dan simpangan baku pengukuran yang lebih kecil dihandingkan criteria lnformasi Maksimum. Kelebihan lain dari penerapan kriteria EL31 Maksimum adalah kebermanfaatan bank soallcbih optimal karena butir-butir soal dengan tingkat daya beda rendah juga dimunculkan khususnya pada awal tes. Scdangkan kritcria lnformasi Maksimum walaupun lebih cfisicn dari sisi panjang tes tetapi kurang optimal dalam memanfaatkan bank soal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-004
Uncontrolled Keywords: Tes Adaptif; Informasi Maksimum; EBI
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.93 IQ Test (Tes IQ)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:27
Last Modified: 31 Oct 2016 03:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item View Item