Strategi Pembelajaran Simulasi Kreatif Secara Terpadu Dengan Berbasis Tema (Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI)

Sulistiyono, (2014) Strategi Pembelajaran Simulasi Kreatif Secara Terpadu Dengan Berbasis Tema (Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI). In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.

[img]
Preview
Text
2014-dn-037.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Permainan merupakan aktivitas yang sangat dominan dalam kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran di SD/MI. Salah satu strategi pembelajaran yang memanifestasikan permainan yang bermakna dan bernilai bagi anak dalam membuahkan pengalaman belajar adalah strategi simulasi kreatif. Mengingat simulasi kreatif merupakan bentuk kegiatan bermain sambil belajar. Di samping itu, strategi simulasi kreatif menuansakan pengorganisasian kompetensi melalui pembelajaran tematik secara terpadu dengan berbasis pendekatan siswa aktif. Hal itu seiring dengan cirri utama perkembangan anak yang bersifat holistik dan teori belajar gestal. Strategi simulasi kreatif tidak menghendaki peristiwa pembelajaran secara terpisah-pisah sehingga pengalaman belajar sebagi hasil belajar dapat diperoleh anak secara utuh dan realistis. Sebab, implementasi strategi simulasi kreatif secara terpadu dapat digambarkan sebagai satu kontinum. Artinya, sastu sisi mengandung pengertian konseptual tentang keterpaduan dan keterkaitan intra dan antar bidang studi, pada sisi lain pengalaman belajar yang diperoleh pada peristiwa pembelajaran tersebut bukan hanya instructional effect tetapi juga nuturan effect yang menurut istilah dalam Kurikulum 2013 bahwa kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan social dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching). Konsep pemikiran di atas menuntut kreativitas dan juga menjadi tantangan bagi guru untuk: (1) memahami konsep, merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi dan merefleksi strategi simulasi kreatif secara terpadu dalam pembelajaran tematik di SD/MI. Dengan demikian, harapan Kurikulum 2013 dalam mencetak generasi emas dapat terwujud.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-037
Uncontrolled Keywords: strategi simulasi kreatif, pembelajaran secara terpadu, pembelajaran tematik
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 740-749 Drawing and Decorative Art (Menggambar dan Seni Dekorasi) > 745.5 Handicrafts/Kerajinan Tangan, Keterampilan Tangan, Seni Terampil, Seni Kreatif
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:52
Last Modified: 30 Apr 2020 08:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item