Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kawasan Timur Indonesia Dengan Pendekatan Human Capital Model

Amalia, Fitri (2012) Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kawasan Timur Indonesia Dengan Pendekatan Human Capital Model. In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
fekon2012-21.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia (KTI) dengan pendekatan human capital model. Variabel pendidikan yang diteliti meliputi 4 hal yaitu: angka melek huruf, angka partisipasi sekolah, tingkat pendidikan tertinggi dan anggaran pendidikan. Data yang dianalisis berupa data panel yang merupakan gabungan antara data time series dan data cross section. Sumber data berasal dari Badan Pusat Statistik, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan Nasional serta sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan Fixed Effect Model. Metode yang digunakan adalah regresi berganda dengan kurun waktu periode observasi 2000-2010. hasil penelitian menunjukkan bahwa angka melek huruf tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan tiga variabel pendidikan lainnya yaitu angka partisipasi sekolah, tingkat pendidikan tertinggi dan anggaran pendidikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi KTI.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fekon2012-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan ekonomi, Indonesia Timur, Model Human Capital
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9598 In Indonesia (Perkembangan Ekonomi di Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2012
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:52
Last Modified: 25 Sep 2018 03:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item