Pujiwati, Ami (2012) Pengaruh Kompetensi Inti Terhadap Kinerja Karyawan. In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan.
|
Text
fekon2012-51.pdf Download (695kB) | Preview |
Abstract
Keberadaan SDM dalam suatu organisasi sangat penting karena mereka merupakan penggerak, pendukung, dan pengelola organisasi serta merupakan orang-orang yang berkontribusi untuk membuat keputusan untuk semua fungsi dan mereka juga berperan dalam menentukan kelangsungan hidup organisasi. Manajemen sumber daya manusia yang mengacu pada pembentukan sumber daya manusia yang handal, unggul dan kompetitif sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis saat ini. Salah satu bentuk terobosan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal, unggul, dan kompetitif sesuai dengan tujuan dan strategi organisasi didasarkan pada kompetensi setiap karyawan. Kompetensi adalah karakter dasar dari setiap individu. Kompetensi inti dari setiap individu pada dasarnya sama kecuali kompetensi generik yang dapat bervariasi dari setiap individu. Kompetensi yang dimiliki oleh setiap karyawan harus dikembangkan sehingga sumber daya manusia dapat menghasilkan SDM yang dapat diandalkan, unggul, dan kompetitif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di perpustakaan di Kanada diperoleh informasi bahwa kompetensi inti sebanyak 11 elemen dapat mempengaruhi kinerja. Empat diantaranya yang sangat dominan mempengaruhi kinerja karyawan adalah keterampilan / kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal, layanan pelanggan, dan kemampuan analisis. Kompetensi yang terkandung dalam setiap karyawan perlu mendapat perhatian dari organisasi dengan tujuan agar perusahaan dapat terus hidup di tengah-tengah persaingan saat ini. Kata kunci: Kompetensi inti, kinerja, kompetensi generik, SDM yang unggul dan kompetitif.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fekon2012-51.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi inti, kinerja, kompetensi generik, SDM yang unggul dan kompetitif |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2012 |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 08:42 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 08:42 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5070 |
Actions (login required)
View Item |