Pengaruh Aksesibilitas Tutor dan Mahasiswa Dalam Tutorial Online Pada Prestasi Mahasiswa Program Studi Peprustakaan

Wahyuningsih, Sri Suharmini and Rusli, Yanis and Bintarti, Arifah (2014) Pengaruh Aksesibilitas Tutor dan Mahasiswa Dalam Tutorial Online Pada Prestasi Mahasiswa Program Studi Peprustakaan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Layanan tutorial online (tuton) atau layanan yang menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sudah berkembang dengan cepat saat ini. Sebagai Perguruan Tinggi yang menggunakan sistem pendidikan jarak jauh, Universitas Terbuka (UT) sangat tepat apabila mengunakan sarana TIK sebagai bantuan untuk memberikan layanan bagi mahasiswanya. Melalui layanan tuton ini diharapkan mahasiswa dapat mengakses dengan baik materi maupun materi pengayaan. Aksesibilitas mahasiswa terhadap layanan tuton ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih pada materi pembelajaran yang diberikan dan dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh nilau ujian akhir semester sesuai yang diharapkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah aksesibilitas mahasiswa dan tutor pada tutorial online terhadap prestasi mahasiswa dalam unjian akhir semester (UAS). Objek penelitian adalah mahasiswa D2 Perpustakaan dalam masa ujian 2014.1 pada tiga mata kuliah yaitu PUST2251 Pengolahan Bahan Nonbuku, PUST2254 Promosi Jasa perpustakaan, dan PUST2256 Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Ketiga matakuliah tersebut dipilih merupakan mata kuliah ampuan dari peneliti, sehingga aktifitas dalam aksesibilitas mahasiswa dapat terpantau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaji aksesibilitas mahasiswa dalam tuton, menganalisis hubungan akseibilitas terhadap evaluasi belajar (UAS). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis jumlah akses mahasiswa terhadap tuton dan hasil UAS mahasiswa yang mengikuti tutorial online pada masa registrasi 2014.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total akses terhadap nilai UAS belum ada hubungan atau pengaruh yang signifikan secara mayoritas, tingkat aksesibilitas mahasiswa terhadap tuton sangat bervariatif, dari tingkat yang paling rendah di bawah 20 kali sampai 300 kali. Tingkat aksesibilitas mahasiswa dari ketiga mata kuliah sebagai sampel adalah sama. Tingkat aksesibilitas mahasiswa ini tergantung pada keaktifan mahasiswa masing-masing

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_1.pdf
Uncontrolled Keywords: tuton, online instructional, pengaruh prestasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:34
Last Modified: 04 Nov 2016 03:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5428

Actions (login required)

View Item View Item