Analisis Kebutuhan Kebijakan Tutorial Dari Sudut Pandang Tutor

Andriani, Durri and Tahar, Irzan and Hiariey, Lilian Sarah (2014) Analisis Kebutuhan Kebijakan Tutorial Dari Sudut Pandang Tutor. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_8.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

UT sebagai institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dengan sistem PJJ telah menetapkan kebijakan yang terkait dengan layanan bantuan belajar, khususnya tutorial. Kebijakan ini ditujukan untuk menjamin tercapainya standar minimal acuan pembelajaran dalam tutorial. Kebijakan yang telah ditetapkan antara lain penugasan tutor yang telah diakreditasi, pedoman pelaksanaan tutorial, dan penyediaan tutorial kit. Untuk melengkapi kebijakan ini perlu dilakukan evaluasi pemahaman dan penilaian tutor, sebagai orang yang langsung melakukan kagiatan tutorial dan berinteaksi dengan mahasiswa, terhadap beragam kebijakan yang dikeluakan UT. Disamping itu, perlu juga dilakukan pelibatan tutor dalam menentukan dan memformulasikan kebijakan terkait tutorial. Kebutuhan yang dirasakan tutor pada saat mereka melakukan tutorial perlu diperhatikan dan diakomodasi yang memungkinkan tutor merasa nyaman dalam melaksanalan kegiatan tutorial. Penelitian direncanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Policy Analysis Framework (PAF). PAF dikembangkan oleh Gellman-Danley & Fetzber (1998) untuk menganalis kebijakan pada institus penyelenggara PJJ. PAF memungkinkan dilakukan analisis kebijakan yang terkait dengan tujuh aspek yang ada dalam institusi PJJ. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tutor di lingkungan UT, baik yang sudah mendapat Pelatihan maupun belum, sudah mendapat sertifikat maupun belum, serta menjadi tutor pada TTM maupun tuton. Sampel ditentukan secara cluster untuk mewakili setiap kelompok tutor. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada UT untuk mengembangkan strategi umum pemanfaatan layanan bantuan belajar untuk mahasiswa UT. Sementara itu, untuk tingkat program studi, hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung keperluan tutor dalam pelaksanaan layanan bantuan belajar serta dalam penyempurnaan materi dan format tutorial yang sesauai dengan kebutuhan tutor untuk mendukung efektivitas layanan bantuan belajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_8
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan; Tutor
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120-129 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan) > 123.7 Necessity/Kebutuhan Hidup
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:43
Last Modified: 04 Nov 2016 03:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item