Kajian Evaluatif terhadap Proses Belajar Mahasiswa dalam Konteks Tutorial Tatap Muka (Studi Kasus pada beberapa Pokjar S 1 PGSD di Wilayah UPBJJ-UT Bogor)

Saripudin, Sumanah and Burhanudin, E. and Ahlak, Ahmad Mukaromul and Suparjono, (2010) Kajian Evaluatif terhadap Proses Belajar Mahasiswa dalam Konteks Tutorial Tatap Muka (Studi Kasus pada beberapa Pokjar S 1 PGSD di Wilayah UPBJJ-UT Bogor). Project Report. Universitas Terbuka, Bogor.

[img]
Preview
Text
2010_4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan tinggi jarak jauh seperti di UT tutorial merupakan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa agar mampu menguasai atau memahami konsep atau teori dari suatu disiplin ilmu yang dituangkan dalam bahan ajar atau modul. Dalam proses tutorial komponen-komponen yang terlibat atau berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mahasiswa adalah perilaku dalam berinteraksi antara tutor dan mahasiswa , tutor dengan bahan ajar, mahasiswa dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan bahan ajar. Disamping itu yang juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa yakni kondisi lingkungan belajar. Penelitian ini diarahkan pada intensitas proses belajar mahasiswa S 1 PGSD dalam konteks belajar jarak jauh. Untuk itu perlu dilakukan pengkajian perilaku belajar mahasiswa dan perilaku pembelajaran tutor pada saat proses tutorial. Pengkajian pada proses tutorial akan menghasilkan informasi empirik tentang intensitas belajar mahasiswa dan pembelajaran tutor pada kelompok belajar mahasiswa S 1 PGSD yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi langkah-langkah proaktif apa saja yang perlu dilakukan oleh UPBJJ UT Bogor dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan tutorial. Selain itu juga diharapkan dapat diperoleh sejumlah informasi rekomendatif tentang penyelenggaraan tutorial tatap muka yang dapat disampaikan kepada FKIP UT sebagai lembaga pembina akademis Program S 1 PGSD. Berdasarkan hasil penelitian perilaku tutor saat membuka pembelajaran/tutorial dengan cara menjelaskan, bertanya, dan memberi tugas. Dalam menjelaskan dan bertanya ternyata masih belum mampu membangun pada pendalaman materi tutorial. Pemberian tugas pada saat pembentukan kelompok diskusi sudah jelas dan dapat dipahami mahasiswa. Perilaku tutor pada saat kegiatan inti diisi dengan kegiatan bertanya, menjelaskan, dan membimbing diskusi. Pada saat membimbing diskusi, tutor tidak berkeliling mendatangi tiap kelompok untuk memberi arahan dan masukan sehingga sulit diharapkan hasil diskusi mahasiswa menjangkau kepada pendalaman materi. Kondisi lingkungan belajar atau tempat tutorial yang digunakan pada umumnya sudah memenuhi persyaratan , dilihat dari kondisi ruang kelas seperti, meja dan kursi keadaannya baik dan bersih. Kapasitas ruang kelas memadai karena jumlah. Penerangan dan ventilasi keadaannya cukup baik. Media dan sarana pembelajaran yang digunakan untuk membantu proses tutorial masih seadanya, yaitu hanya menggunakan papan tulis, spidol, dan kertas HVS.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2010_4.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluasi, proses belajar, mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.1 Organization and Activities in Higher Education (Organisasi dan Aktivitas di Perguruan Tinggi)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:39
Last Modified: 04 Nov 2016 08:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item