Kajian Business Process Reengineering untuk Penyempurnaan Prosedur Pendaftaran Haji

Nidjam, Achmad (2013) Kajian Business Process Reengineering untuk Penyempurnaan Prosedur Pendaftaran Haji. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana efektifitas pelaksanaan prosedur pendaftaran haji dan kendala-kendala yang sering kali dan mungkin muncul. Rancangan prosedur pendaftaran haji didasarkan pada analisis Business Process Reenginering yang dimaksdukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyederhanaan prosedur pendaftaran haji, sehingga pelayanan pendaftaran calon haji dapat dilakukan secara efektif and efesien. Dalam konteks kinerja penyelenggaraan ibadah haji, yang didasarkan pada kajian konseptual-analitis BPR ini diharapkan Kementerian Agama dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam penyelenggaraan ibadah haji secara proporsional dan profesional dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif sebagai upaya untuk menjawab hipotesis utama tentang penyempurnaan prosedur pendaftaran haji, yang diarahkan pada tujuan pragmatis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji. Secara pragmatis, kata kunci penyempurnaan dimaksud adalah upaya rekayasa ulang proses bisnis atas prosedur pendaftaran haji secara fundamental, radikal, dan dramatis. Subjek penelitian dalam kajian tesis ini adalah kebijakan prosedur pendaftaran haji yang diterapkan oleh Kementerian Agama sejak diberlakukannya sampai dengan saat ini. Responden dalam penelitian ini bersifat purposive sampling: pemilihan responden dilakukan secara sengaja sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi faktor-faktor internal dan eksternal serta rancangan prosedur pendaftaran haji yang akan dikembangkan dalam sistem pendaftaran haji. Rancangan prosedur pendaftaran haji didasarkan pada analisis Business Process Reenginering yang dimaksdukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyederhanaan prosedur pendaftaran haji, sehingga pelayanan pendaftaran calon haji dapat dilakukan secara efektif dan efesien. Hasil analisis atas penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekayasa ulang serta rancangan baru prosedur pendaftaran haji lebih baik dari sistem lama terkait dengan beberapa aspek pelayanan dalam penyelenggaraan haji. Karenanya hasil penelitian ini memiliki signifikansi penting terkait penyelenggaraan ibadah haji secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41037.pdf
Uncontrolled Keywords: business process reengineering, hajj registration, the implementation of hajj services, pre paid, total paid, business process reengineering, pendaftaran haji, penyelenggaraan ibadah haji, setoran awal dan setoran lunas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170-179 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral) > 174.4 Business Ethics (Etika Bisnis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:54
Last Modified: 27 Feb 2019 09:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item