Pola Kesiapan Belajar Mahasiswa S1 PGSD sebagai Integrasi Akademik Pendidikan Jarak Jauh di Wilayah Kepulauan UPBJJ Jakarta dan Ternate

Budiastra, A. A. Ketut and Suhartono, and Budiman, Muman Hendra and Hadi, Nur Rohman (2010) Pola Kesiapan Belajar Mahasiswa S1 PGSD sebagai Integrasi Akademik Pendidikan Jarak Jauh di Wilayah Kepulauan UPBJJ Jakarta dan Ternate. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2010_25.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tentang pola kesiapan belajar mahasiswa di wilayah kepulauan dan sebagai bahan kajian dalam pengembangan Program Studi S1 PGSD FKIP-UT. Daerah Penelitian di Kepulauan Seribu UPBJJ-UT Jakarta dan Kepulauan Ternate dan Tidore UPBJJ-UT Ternate. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa S1 PGSD UT masa registrasi 2010.1 dan dilakukan wawancara secara langsung dengan beberapa responden. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 200 orang mahasiswa, sedangkan data responden yang dapat diolah sebanyak 174 kuesioner (87%). Dari hasil analisis data diperoleh informasi: 1) Mahasiswa S1 PGSD secara umum berprofesi sebagai guru kelas di SD (92%); 2) Sebagian besar mahasiswa dituntut lebih bekerja keras dalam menjalankan aktivitasnya mengikuti proses belajar jarak jauh, karena keterbatasan informasi dan tantangan alam. Adanya berbagai kendala dalam mengikuti pendidikan di UT berdampak pada ketahanan mereka untuk menyelesaikan studinya; 3) Keterbatasan sebagai mahasiswa yang tinggal di wilayah kepulauan menjadi faktor berbading lurus dalam upayanya memperoleh hasil studi yang optimal (hampir 48% responden tinggal di pulau-pulau kecil dengan keterbatasan sarana dan prasarana); 4) Berbagai kendala meliputi faktor geografis, cuaca/alam, sarana transportasi dan ekonomi sangat mempengaruhi kesiapan mereka untuk mengikuti proses pendidikan. Faktor-faktor tersebut menjadi penghalang tatkala hasil yang diharapkan dalam penyelesaian studinya terhambat karena pengaruh faktor sarana dan berdampak pada faktor psikologis (drop out). Hal yang sangat dominan mempengaruhi mereka untuk mengikuti tutorial adalah keterjangkauan lokasi tutorial dari tempat tinggal mahasiswa, Tingkat kecemasan terhadap kesiapan belajar menjadi fenomena yang sering muncul, sehingga support group sangat diperlukan. Kepercayaan diri mahasiswa meningkat seiring dengan meningkatnya kemandirian mereka untuk mempelajari bahan ajar dan semakin terjangkaunya akses pada fasilitas sumber belajar. Dengan melibatkan dosen/tutor dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkomunikasi melalui media handphone yang terintegrasi dengan e-mail (18% pengguna internet) sangat menunjang keberhasilan belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2010_25.pdf
Uncontrolled Keywords: Pola Kesiapan Belajar, Integrasi Akademik, Mahasiswa PJJ, Karakteristik Wilayah Kepulauan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:30
Last Modified: 16 Aug 2019 09:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item