Pengembangan Model Tutorial Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada MK Penanganan Anak Berkelainan Program S1 PGPAUD Universitas Terbuka

Amini, Mukti and Aisyah, Siti (2010) Pengembangan Model Tutorial Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada MK Penanganan Anak Berkelainan Program S1 PGPAUD Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2010_29.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanganan Anak Berkelainan merupakan salah satu mata kuliah yang disediakan layanan bantuan tutorialnya bagi mahasiswa Program S1 PGPAUD UT pada semester 4. Mata kuliah ini cukup sulit karena menuntut mahasiswa mengenali berbagai kebutuhan khusus anak sekaligus cara memberikan layanan pendidikan pada mereka di lembaga PAUD. Oleh karena itu model tutorial yang digunakan perlu diupayakan sedemikian rupa agar dapat mencapai kompetensi yang diinginkan tersebut. Penelitian ini secara umum bertujuan umum untuk mengembangkan model yang ideal bagi tutorial MK Penanganan Anak Berkelainan di Program S1 PGPAUD UT. Penelitian dilakukan di UPBJJ Serang Pokjar Serpong pada semester 2010.1. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model prosedural. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner untuk mahasiswa dan tutor, observasi terhadap uji coba pengembangan model dan Focus Grup Discussion (FGD) dengan para tutor mata kuliah tersebut. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan dijadikan dasar untuk mengembangkan model sebagai produk final dari penelitian ini. Penelitian menyimpulkan bahwa secara umum mahasiswa menyetujui dan merasakan banyak manfaat dengan dikembangkan model tutorial Penanganan Anak Berkelainan berupa observasi ke lembaga pendidikan/terapi anak berkebutuhan khusus yang dilanjutkan dengan diskusi hasil observasi dan simulasi penanganan anak berkebutuhan khusus di kelas tutorial. Hasil FGD dengan para tutor juga menyimpulkan bahwa model ini hendaknya diterapkan dalam lingkup yang lebih luas, dan jika memungkinkan dibakukan untuk seluruh mahasaiswa S1 PGPAUD UT di seluruh Indonesia. Saran yang dapat diberikan berdasarkan temuan penelitian ini adalah perlu dilakukan upaya untuk mensosialisasikan model yang dikembangkan ini sebelum dibakukan menjadi model yang diberlakukan secara nasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2010_29.pdf
Uncontrolled Keywords: Penanganan Anak Berkelainan, Model Tutorial
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.9 Special Education (Pendidikan Khusus)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:58
Last Modified: 08 Nov 2016 01:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item