Analisis Keragaan Pasar Ikan Gurami (Oshpronemus Gouramy) Di Kelurahan Duren Mekar Dan Kelurahan Duren Seribu Depok Jawa Barat

Adida, (2012) Analisis Keragaan Pasar Ikan Gurami (Oshpronemus Gouramy) Di Kelurahan Duren Mekar Dan Kelurahan Duren Seribu Depok Jawa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40788.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Adanya disparitas harga yang cukup tinggi serta menurunnya jumlah pembudidaya dan pedagang pengecer ibn gurami menyebabkan perlu diadakannya penelitian mengenai keragaan pasar ikan gurami di Kelurahan Duren Mekar dan Kelurahan Duren Seribu Depok Jawa Barat sehingga dapat diketahui efisiensi pemasaran ikan gurami tersebut. Penelitian deskriptif yang berlangsung pada Nopember 2011 . s.d Desember 2011 ini bertujuan untuk menganalisa saluran pemasaral4 fungsi pemasaran yang dilakukan pelaku pemasaran dan keragaan pasar ikan gurami yang meliputi marjin, Farmer's Share, rasio keuntungan biaya, rasio pendapatan biaya serta keuntungan. Populasi pada penelitian ini adalah semua pembudidaya ikan gurami pada segmentasi usaba pembeoihan, pendederan ukuran nguku dan pembesaran serta peJairu pemasaran Jainoya yaitu pengepul- pengepul, agen, broker, rumah makan dan pemancingan. Jenis instrument yang digunakan adalah kuisioner yang bersifat terbuka yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran telur ikan gurami,2 saluran pemasaran ikan ukuran gabah dan manjing, 4 saluran pemasaran ikan ukuran kuaci, 4 saluran pemasaran ikan ukuran nguku dan 3 saluran pemasaran ikan ukuran konsumsi. Saluran pemasaran yang sesuai untuk ikan gurami adalah saluran pendek. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku pemasaran adalah fungsi penjualan, pembelian,penyimpanan, pengangkutan, penanggulangan resiko,grading, pembiayaan dan informasi pasar. Banyaknya fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku pemasaran menyebabkan meningkatnya biaya pemasaran sehingga mempengaruhi besarnya marjin pemasaran. Keragaan pasar telur ikan gurami, ikan gurami ukuran gabah, manjing, kuaci, nguku dan konsumsi di Kelurahan Duren Mekar .dan Kelurahan Duren Seribu Depok Jawa Barat belum efisien karena tingginya marjin, belum meratanya rasio keuntungan biaya dan rendahnya keuntungan pembudidaya. Namun berdasarkan rasio pendapatan biaya (TR/TC) maka usaha pembenihan, pendederan ikan gurami ukuran nguku dan usaha pembesaran ikan gurami ukuran konsumsi layak untuk dilakukan. Adanya pemberdayaan kelompok tani khusus untuk usaha ikan gurami perlu dilakukan dan sebaiknya penyuluhan diberikan pada pembudidaya agar dapat memilih saluran pemasaran yang dapat memberikan keuntungan yang adil bagi setiap pelalru pemasaran. Selain itu, perlu dibentuk koperasi sebagai sumber informasi harga dan pusat jual beli ikan sehingga terdapat kontinuitas produk setiap saat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40788.pdf
Uncontrolled Keywords: keragaan pasar, ikan gurami, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, marjin, market performance, gourami fish, market channel, market function
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:54
Last Modified: 21 Sep 2018 06:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item