Penemuan Pola Belajar Mandiri Mahasiswa PTJJ Melalui Kajian Aktivitas Belajar (Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Dengan Menggunakan Jurnal Belajar)(Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Dengan Menggunakan Jurnal Belajar)

Prastati, Trini and Tatminingsih, Sri (2012) Penemuan Pola Belajar Mandiri Mahasiswa PTJJ Melalui Kajian Aktivitas Belajar (Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Dengan Menggunakan Jurnal Belajar)(Studi Pada Mahasiswa PGPAUD UT Dengan Menggunakan Jurnal Belajar). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_135.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola belajar mahasiswa pada pendidikan tinggi jarak jauh. Metode penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan instrument berupa kuesioner, jurnal belajar, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Si PGPAUD pada UPBJJ-UT Jakarta kelompok belajar Pondok Pinang yang berada pada semester Sembilan. Penelitian dilaksanakan sejak Maret hingga Desember 2013. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mereduksi data yang tidak layak untuk dianalisis. Hasil analisis kemudian dipaparkan secara deskriptif hingga ditemukan pola belajar yang ingin diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PGPAUD pada PTJJ Khususnya UT adalah seorang yang berusia antara 28 – 52 tahun, sibuk dan memiliki peran ganda sehingga untuk melakukan aktivitas belajar mereka harus menyusun jadwal yang ketat. Gaya belajar yang muncul meliputi tidak berkompetisi, kolaborasi, avoidan, partisipasi, ketergantungan dan kebebasan. Semua tipe gaya belajar ini terjadi secara sistemin dimana gaya yang satu mengarah dan memengaruhi gaya belajar lainnya. Pola belajar terbentuk melalui kebiasaan belajar yang dilakukan mahasiswa secara rutin. Pola belajar ini meliputi penyusunan jadwal yang ketat pada pelaksanaan tutorial tatap muka dan belajar online yang membutuhkan interaksi antar teman. Gangguan belajar yang dihadapi pada TTM adalah kesulitan dalam membagi waktu dan pada belajar online adalah tidak ada jaringan internet. Rekomendasi yang diberikan adalah program belajar jarak jauh sebaiknya memperhatikan karakteristik mahasiswanya dan layanan bantuan belajar lebih dioptimalkan serta materi dalam website lebih ditingkatkan keluasan dan kedalamannya serta dipermudah aksesnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_135
Uncontrolled Keywords: penemuan, pola belajar mandiri, PTJJ, aktivitas belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:03
Last Modified: 05 Jun 2020 02:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item