Revitalisasi Mata Kuliah TAP Program S1 PGSD untuk Mendukung Penyiapan Kompetensi Profesional Calon Lulusan

Faqih, Abd and Lukiyadi, (2014) Revitalisasi Mata Kuliah TAP Program S1 PGSD untuk Mendukung Penyiapan Kompetensi Profesional Calon Lulusan. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_289.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matakuliah Tugas Akhir Program (TAP) adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa UT pada semester 10 dan harus mendapat nilai minimal C. Matakuliah TAP program S1-PGSD melatihkan keterampilan analisis dan pemecahan kasus-kasus pembelajaran berbasis pada mata pelajaran (eksak, noneksak, bahasa, dan tematik). Penguasaan konsep materi dan pembelajaran di SD menjadi prasyarat bagi mahasiswa yang menempuh matakuliah TAP. Kurikulum 2013 yang telah diterapkan di SD dalam implementasinya pembelajaran menggunakan pendekatan tematik-integratif, fokus pada tema dan jaringan kompetensi dasar dari masing-masing mapel. Bertolak dari argumentasi tersebut, maka revitalisasi matakuliah TAP dengan mereaktualisasi perangkat tutorial dengan mengacu pada kurikulum 2013 menjadi sangat penting, dan sepertinya harus segera dilakukan. Upaya tersebut sekaligus untuk menyiapkan calon lulusan yang mempunyai kompetensi dibidangnya, “ guru kelas profesional”. Tujuan dari penelitian ini adalah: [1] Melakukan kajian mendalam terhadap isi modul matakuliah TAP untuk program studi S1 PGSD dan relevansinya terhadap penerapan pembelajaran tematik terpadu kurukulum 2013 sekolah dasar; [2] Menawarkan untuk revitalisasi dan reaktualisisi perangkat tutorial matakuliah TAP yang mengacu pada pemecahan kasus pembelajaran tematik-integratif yang mengacu pada kurikulum 2013 sekolah dasar; [3] Mendeskripsikan tingkat kesulitan mahasiswa dalam memecahkan kasus-kasus pembelajaran di kelas pada tingkat satuan pendidikan SD; [4] Pengembangan prosedur pembelajaran, dalam bentuk prangkat tutorial (PT) yang mampu melatihkan kemampuan/meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memecahkan kasus-kasus pembelajaran tematik-integratif di kelas pada tingkat satuan pendidikan SD. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Bagi mahasiswa dapat secara maksimal untuk meningkatkan kompetensinya melalui keterampilan refleksi dan evaluasi terhadap problematika dan kasus-kasus pembelajaran yang ditemui ketika mengajar di kelas; (2) Bagi peneliti dapat secara optimal meningkatkan kompetensinya sebagai peneliti yang mengembangkan inovasi pembelajaran dan sekaligus dapat mengembangkan pendekatan tutorial yang solutif terhadap kasus-kasus riil dilapangan. Selain itu peneliti dapat menawarkan revitalisasi dan reaktualisasi perangkat tutorial TAP melalui publikasi ilmiah pada forum seminar nasional atau pada jurnal ilmiah nasional; (3) Bagi Tutor, dapat belajar dan memanfaatkan temuan ini untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tutorial, khususnya dalam melatihkan keterampilan pada peserta didik untuk mampu menganalisis sekaligus memecahkan persolan kasus-kasus pembelajaran tematik-integratif di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_289
Uncontrolled Keywords: revitalisasi mata kuliah, tugas akhir program
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:49
Last Modified: 31 Jan 2019 01:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5908

Actions (login required)

View Item View Item